https://jatim.times.co.id/
Berita

Polda Jatim Tegaskan Netralitas Anggota Selama Pilkada 2024

Jumat, 04 Oktober 2024 - 22:37
Polda Jatim Tegaskan Netralitas Anggota Selama Pilkada 2024 Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto. (FOTO: Dok TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYA – Polda Jawa Timur memastikan seluruh anggotanya akan menjaga netralitas selama berlangsungnya kampanye Pilkada 2024.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto, dalam wawancara dengan TIMES Indonesia pada Jumat (4/10/2024) malam.

"Yang jelas, pertama Kapolda menekankan netralitas," kata Kombes Pol Dirmanto saat dimintai keterangan terkait persiapan Polda Jatim dalam mengawal Pilkada serentak 2024.

Dia menegaskan bahwa seluruh anggota kepolisian di bawah Polda Jatim telah diberi arahan yang tegas untuk menjaga sikap netral dalam setiap tahapan kampanye. 

Penegasan ini juga sejalan dengan instruksi dari Kapolda Jatim yang memastikan bahwa tidak ada keberpihakan dari pihak kepolisian terhadap salah satu pasangan calon yang maju dalam Pilkada.

Selain menekankan netralitas, Kombes Pol Dirmanto juga menjelaskan bahwa anggota kepolisian akan bekerja sesuai dengan tugas, wewenang, dan tanggung jawab yang telah diatur dalam prosedur yang ada.

"Kedua, bekerja sesuai tugas wewenang dan tanggung jawabnya. Itu sudah ada prosedur yang harus dilakukan," tambahnya.

Dengan demikian, pihak kepolisian tidak hanya menjaga netralitas, tetapi juga memastikan bahwa seluruh tugas pengamanan dan pengawalan selama masa kampanye Pilkada dilaksanakan sesuai dengan aturan dan prosedur yang berlaku.

Lebih lanjut, Kombes Pol Dirmanto menyampaikan bahwa hingga saat ini tidak ada laporan terkait pelanggaran netralitas dari anggota kepolisian di Jawa Timur. Dia pun memastikan situasi tetap kondusif dan aman.

"Sampai sekarang nggak ada laporan soal netralitas, aman," jelasnya.

 Dirmanto kembali menegaskan bahwa pihak kepolisian akan bersikap profesional dan tidak akan berpihak pada salah satu kontestan, baik selama masa kampanye maupun pada saat pemungutan suara.

Kesiapan anggota Polda Jatim, termasuk dalam hal pelatihan dan pengawasan internal, diharapkan mampu menjaga jalannya Pilkada 2024 yang bersih dan demokratis di seluruh wilayah Jawa Timur. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.