https://jatim.times.co.id/
Berita

Lima Bapaslon Kota-Kabupaten Malang Jalani Tes Kesehatan Tahap Dua, Ganis Rumpoko Absen

Jumat, 30 Agustus 2024 - 18:42
Lima Bapaslon Kota-Kabupaten Malang Jalani Tes Kesehatan Tahap Dua, Ganis Rumpoko Absen Sejumlah Bapaslon Kota-Kabupaten Malang usai menjalani tes kesehatan tahap dua di RSSA Malang. (Foto: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Lima bakal pasangan calon (Bapaslon) kepala daerah dari Kota Malang dan Kabupaten Malang di Pilkada 2024 menjalani tes kesehatan tahap kedua, Jumat (30/8/2024). 

Dari pantauan TIMES Indonesia, terlihat seluruh bapaslon hadir sejak pagi dan bergantian memasuki ruangan di Poli Psikiatri Lantai 3 di Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA).

Kelima bapaslon yang ikut menjalani tes, yakni Sanusi-Latifah, Gunawan-dr. Umar, Abah Anton-Dimyati, Wahyu Hidayat-Ali Mutohirin dan Heri Cahyono alias Sam HC yang datang sendiri tanpa Ganis Rumpoko karena bersamaan dengan pelantikan DPRD Kota Batu. 

Saat ditemui awak media, Sam HC mengaku mampu melalui tes kedua yang merupakan tes rohani ini dengan lancar.

Heri-Cahyono-2.jpg

"Tadi itu tes IQ, kecerdasan. Yang kedua ada tes kepribadian. Saya biasa di pesantren ya mengetes seperti itu. Itu kan dijawab jujur. Tidak ada masalah (tekanan)," ujar Sam HC. 

Tes ini merupakan tes kesehatan yang pertama bagi Sam HC. Sehingga, berbeda dengan Bapaslon lainnya yang sebelumnya telah lebih dulu menjalani tes jasmani. Ia pun juga mengaku siap untuk tes keduanya nanti. 

"Insya Allah kalau tidak Senin atau Selasa begitu (tes jasmaninya)," ungkap HC.

Sementara Abah Anton dan Dimyati, mengaku tidak kesulitan melewati tes kejiwaan seperti ini. Namun, Abah Anton mengaku mulai terasa lelah fisiknya menjalani tes kesehatan dua hari ini.

"Ini pemahaman tentang diri sendiri. Apa yang ada di diri kami, itu dikeluarkan. Tidak sulit, tes biasa lah. Dua hari ini ya lumayan capek," kata Abah Anton.

Sedangkan, Wahyu Hidayat dan Ali Mutohirin juga tampak santai pada tes tahap kedua ini. Ali Mutohirin bahkan menjadi yang pertama keluar dari ruangan tes, sementara Wahyu menyusul beberapa waktu kemudian setelah Sam HC dan Abah Anton. 

Wahyu-Hidayat.jpg

Wahyu mengaku tidak kesulitan sama sekali, namun ia hanya butuh waktu untuk mengerjakan banyak soal. Berbeda dengan bapaslon lain, dalam tes tahap kedua ini, Wahyu belum menyelesaikan rangkaian tesnya.  

Seharusnya, setelah psikotest, dilanjutkan dengan rangkaian tes wawancara. Namun Wahyu setelah psikotes langsung berangkat ke luar kota. 

"Saya izin karena langsung ke Jakarta. Kan saya dapat penghargaan kepala daerah terbaik, nanti diberikan langsung oleh pak Mendagri. Jadi, wawancaranya besok," bebernya. 

Tes rohani ini juga menjadi tes pertama bagi pasangan Gunawan dan dr. Umar. Mereka baru saja mendaftar ke KPU di detik-detik akhir masa pendaftaran pada 29 Agustus 2024 malam kemarin. 

Gunawan mengaku tidak masalah dan menikmatinya meskipun diakui juga terasa sedikit lelah. 

"Soalnya buanyak, mengisinya perlu waktu, itu saja. Nanti tes jasmani rencana Senin," ucapnya.(*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.