https://jatim.times.co.id/
Berita

Pasangan Yes-Dirham Tawarkan 15 Program ke Sahabat Muda Lamongan

Sabtu, 14 September 2024 - 19:42
Pasangan Yes-Dirham Tawarkan 15 Program ke Sahabat Muda Lamongan Yuhronur Efendi, Cabup Kabupaten Lamongan, menawarkan 15 program unggulan ke Sahabat Muda Lamongan dalam Live Talk Show Serawung di Rumah Makan Aqilah, Sabtu (14/9/2024). (Foto: Moch. Nuril Huda/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan (Cabup-Cawbup) Yuhronur Efendi-Dirham Akbar Aksara (Yes-Dirham) menawarkan 15 program unggulan untuk menciptakan masa depan yang lebih cerah dan berkelanjutan bagi Kabupaten Lamongan. 

Sahabat Muda Lamongan ditawarkan program tersebut, Yes-Dirham akan berkomitmen memajukan wilayah Lamongan. Kelima belas program itu diringkas ekonominya tumbuh merata pembangunannya dan harmonis warganya untuk Kabupaten Lamongan.

Live-Talk-Show-Serawung-2.jpg

Hal ini disampaikan oleh Pak Yes, sapaan Yuhronur Efendi, dalam Live Talk Show Serawung bersama Sahabat Muda Lamongan di Rumah Aqila Jalan Raya Deket-Gresik Desa Rejosari Lamongan, Sabtu (14/9/2024). 

"Yang pertama Jalan Mantap dan Mulus Lamongan (Jamula). Program ini kita tetap fokus infrastruktur jalan, mengatasi keterbatasan APBD dengan strategi yang efisien untuk memastikan akses yang lebih baik bagi masyarakat," kata Pak Yes. 

Kedua, Pak Yes menyampaikan, Program Perintis (Pendidikan Yang Berkualitas dan Gratis). Program ini meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberikan akses gratis dan beasiswa kepada yang membutuhkan.

"Program ini juga termasuk bagi program S1 dan S2. Perhatian khusus diberikan pada program tahfiz Alquran, dengan persyaratan hafalan 30 juz. Tapi kalau tahun ini 15 juz saja," ujarnya. 

Ketiga, Lamongan Sehat. Program ini untuk meningkatkan layanan kesehatan melalui pembangunan rumah sakit dan puskesmas. "Program ini untuk memastikan akses yang merata, mudah, dan terjangkau bagi seluruh masyarakat," katanya. 

Kemudian, program Lumbung Pangan Lamongan dengan harapan bisa mempertahankan sektor pertanian sebagai salah satu penopang utama ekonomi daerah dengan fokus pada hasil panen dan kualitas produk pertanian, peternakan, dan perikanan.

Lebih lanjut, Pak Yes memaparkan, program RamaSinta juga masih menjadi primadona untuk mengembangkan pariwisata yang berkelanjutan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan kontribusi terhadap APBD. 

"Keenam YSS (Yakin Semua Sejahtera). Program ini untuk mendukung kepala keluarga perempuan dengan memberikan modal usaha dan pendampingan," ucapnya. 

Program selanjutnya, Lamongan Tangguh untuk mempersiapkan dan penanggulangan bencana untuk memastikan ketahanan masyarakat dalam menghadapi situasi darurat. 

Kedelapan, UMKM Naik Kelas, Pak Yes mengatakan, program ini memberikan pembinaan dan dukungan bagi 200 ribu UMKM di Lamongan, meliputi distribusi, pemasaran, dan pengembangan produk.

Young Enterpreneur Sukses (YES) juga masih menjadi program unggulan Pak Yes dalam mencetak dan melatih wirausahawan muda. "Pada program ini kita akan memberikan akses modal dan pelatihan untuk mengembangkan ide bisnis," katanya. 

Kemudian, program Desa Pintar dalam pengembangan aplikasi desa, perpustakaan digital, dan literasi yang diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat desa. Lamongan Menyala juga akan menjadi program unggulan baru. 

"Di pemerintahan selanjutnya, kita akan melakukan pengadaan penerangan jalan umum (PJU) di seluruh wilayah untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat," ujarnya. 

Pelayanan Publik, Lamongan Nyantri dan Lamongan Hijau, Pak Yes mengungkapkan, menjadi program unggulan yang baru. Di pelayanan publik, Lamongan telah meraih penghargaan kategori platinum.

Lebih lanjut, untuk program Lamongan Nyantri lebih fokus pada peningkatan literasi dan ketersediaan perpustakaan desa, mendorong budaya membaca dan menghafal Al-Quran.

Kemudian, program Lamongan Hijau fokus pada pelestarian lingkungan hidup yang mengintegrasikan industrialisasi dan keseharian masyarakat dengan prinsip ramah lingkungan.

"Kelima program tersebut kita tawarkan ke Sahabat Muda Lamongan, dan diringkas  ekonominya tumbuh merata pembangunannya dan harmonis warganya untuk Kabupaten Lamongan," tutur Pak Yes. 

Dibutuhkan Peran Gen Z  Majukan Lamongan

Sementara itu, Dirham Akbar Aksara menekankan pentingnya peran Gen Z dalam mengembangkan potensi Lamongan. Dengan proyeksi ekonomi yang akan berubah pada tahun 2030, di mana UMKM akan menjadi sektor penyumbang terbesar bagi PDRB. 

"Saya berharap Gen Z diharapkan memiliki mindset entrepreneurship untuk memajukan ekonomi Kabupaten Lamongan," ucap Dirham.

Dirham mengemukakan, terdapat lima poin penting yang harus diterapkan oleh Gen Z. Pertama edukasi dan sosialisasi, dengan memanfaatkan keunggulan sebagai digital native untuk pertukaran informasi dan pengetahuan.

"Kedua partisipasi kebijakan publik, yakni dengan terlibat aktif dalam pengambilan kebijakan dan aturan pemerintah yang berdampak pada masyarakat," ujarnya. 

Point ketiga inovasi dan kreativitas, Dirham menyampaikan, Gen Z harus mampu mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif sebagai pembeda dari generasi sebelumnya.

"Keempat, kolaborasi dengan berbagai pihak secara independen untuk mencapai tujuan bersama. Serta memonitoring dengan melakukan pemantauan usaha secara berkala untuk memastikan keberlanjutan dan pertumbuhan yang sehat," tutur Dirham. 

Di kesempatan yang sama, Prof Drs H Kacung Marijan, MA, PhD yang juga sebagai pembicara dalam Live Talk Show Serawung tersebut. Kacung menekankan pentingnya melek politik bagi pemilih pemula sebagai wujud peran serta dalam menentukan pembangunan daerah. 

"Anak muda harus didorong untuk memilih dengan pengetahuan yang baik agar dapat memilih pemimpin yang berkualitas. Pasangan Yes-Dirham ini figur yang pas untuk bisa membawa perubahan positif dan berkelanjutan bagi Kabupaten Lamongan," kata Prof Kacung. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.