https://jatim.times.co.id/
Berita

LPA Probolinggo Mulai Kencangkan Sabuk Pengaman, Siap Dampingi Kasus Anak Bawah Umur

Selasa, 11 Juni 2024 - 17:25
LPA Probolinggo Mulai Kencangkan Sabuk Pengaman, Siap Dampingi Kasus Anak Bawah Umur LPA Probolinggo saat berkunjung ke LPA Tulungagung. (FOTO: LPA for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Sepulang dari Studi TiruLembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Probolinggosegera bersiap untuk melakukan pendampingan pada kasus-kasus anak di bawah umur di wilayah setempat.

Studi tiru dilakukan di LPA Kabupaten Tulungagung untuk mengadopsi dan memodifikasi program kerja perlindungan anak mereka.

Diketahui, LPA Kabupaten Tulungagung diakui sebagai yang terbaik di Jawa Timur berkat strategi dan inovasinya yang beragam.

"Kami sudah banyak diskusi dan ngobrol sana-sini bersama pengurus LPA Tulungagung. Selanjutnya, tinggal tancap gas, karena amunisi sudah ada di tangan," ungkap Ketua LPA Kabupaten Probolinggo, Slamet Riyadi, Selasa (11/6/2024).

Kasus-kasus yang melibatkan anak sebagai korban maupun tersangka di wilayah setempat tidak akan diabaikan oleh pihaknya.

LPA akan melakukan upaya pencegahan dengan cara melakukan sosialisasi kepada target sasaran serta memberikan penanganan dan pendampingan terhadap anak jika terjadi kasus kekerasan. 

"Kami akan bekerja di luar tugas pemerintah, tapi kita harus bekerjasama agar program-program perlindungan anak di Kabupaten Probolinggo dapat berjalan dengan baik sesuai prosedur yang telah disusun dan sepakati bersama," kata Slamet.

Slamet menambahkan, kasus-kasus yang melibatkan anak sangat perlu untuk didampingi, karena mereka merupakan tunas muda yang masih dapat dibina dan dibimbing menuju kedewasaan yang lebih baik. 

Namun, ia menyadari, ia tidak dapat melakukannya sendirian. Dukungan dari berbagai pihak sangat diperlukan untuk mencegah dan mendampingi bersama-sama.

“Kami berkomitmen, LPA Probolinggo ini lahir untuk memberikan kenyamanan bagi anak-anak yang tertimpa kasus,” pungkas Slamet.

Pihaknya akan mendampingi, membina, dan turut serta dalam mencegah hal-hal yang tidak diinginkan sesuai dengan prosedur yang berlaku. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.