https://jatim.times.co.id/
Wisata

Alila Hotel Solo Tawarkan Layanan Personal Touch Tak Terlupakan

Senin, 13 Februari 2023 - 12:11
Alila Hotel Solo Tawarkan Layanan Personal Touch Tak Terlupakan Kamar Suites Alila Hotel Solo. (FOTO: Dok.Alila)

TIMES JATIM, SURABAYA – Berkunjung dan berwisata di Kota Solo merupakan momen istimewa. Apalagi jika menemukan tempat menginap nyaman berbalut pelayanan kelas atas. 

Alila Hotel Solo menawarkan tempat menginap berfasilitas lengkap dengan total 255 kamar. Mulai Room Tipe Standart, Deluxe, Executive Suites, Alila Suites dan  Presidential Suites. 

Swimming-Pool-Alila-Hotel-S.jpgSwimming Pool Alila Hotel Solo. (FOTO: Dok.Alila) 

"Kami memiliki 4 Alila Suites dan selalu jadi waiting list karena memiliki private pool dalam kamar dengan harga mulai Rp8,5 juta per malam," kata Public Relation and Event Manager, Tesa Puji Astuti saat media tour di Surabaya, Senin (13/2/2023). 

Alila adalah satu-satunya hotel bintang lima atau prestise hotel dengan berbagai fasilitas sebagaimana konsep one stop living, feels like home mengusung treatment personal touch. Sehingga tamu akan merasa ketenangan seperti di rumah sendiri. 

Semua fasilitas berada dalam satu gedung. Mulai sarana olahraga, wellness public, restoran, kids club, swimming pool, dan bar dengan alunan musik lembut. 

Dinning-Istimewa.jpgDinning Istimewa di Agra Rooftop Restaurant Alila Hotel Solo. (FOTO: Dok.Alila)  

Guna memanjakan hasrat kuliner tamu, Alila dilengkapi dua restoran makanan tradisional maupun western. Epis Restaurant dan Agra Rooftop lantai 29 tempat menjaring pesona matahari tenggelam kala senja. 

Epis Restaurant menyediakan all day dining menu-menu tradisional istimewa. Sedangkan Agra Rooftop menyediakan all western menu dengan sajian utama Steak Republik. Restoran ini masih menjadi primadona karena bukan sekadar makan steak semata.

Expert chef juga akan menyampaikan tata cara makan steak, proses pairing dan menentukan pilihan wine yang sesuai tingkat kematangan daging. Agra juga menawarkan beragam pilihan keju dari berbagai negara. Agra Restaurant buka mulai 16.00 WIB sampai late night

Alila Solo juga memiliki Sky Lounge di puncak gedung tertinggi se-Jawa Tengah tersebut. Sky Lounge ini merupakan fasilitas bagi tamu kamar Tipe Deluxe ke atas. Tamu dapat menikmati breakfast, afternoon tea, dinner hingga minum wine sepuasnya. 

"Alila merupakan gedung tertinggi dengan 30 lantai," ujar Tesa. 

Sedangkan di lantai 6 ada juga ada wellness public berupa jacuzzi, spa, gym, dan kolam renang luas. 

Selain tempat menginap nyaman, para tamu dari dalam maupun luar kota juga bisa menjelajahi Kota Solo dan menikmati aneka kuliner tradisional. Tengkleng, sate, dan kuliner langganan Presiden Jokowi. Alila sendiri berada di Jalan Slamet Riyadi. Jalan utama Kota Solo. 

Hotel ini menawarkan Alila Experience dengan mengangkat budaya batik dan eksplor candi maupun bangunan bersejarah. Alila mempersiapkan shuttle bus bagi wisatawan untuk mengeksplorasi kebudayaan Solo secara menyeluruh. 

Akses ke tujuan wisata antara lain Masjid ABM, Mangkunegaran Park dengan Taman Pracima untuk menikmati Royal Dinner ala menu para raja dalam taman tersebut. Kemudian Museum Sains Teknopark. 

Optimistis Tingkatkan Okupansi

Tessa mengatakan, saat ini Alila Hotel Solo sangat optimistis menyambut para wisatawan. Okupansi hotel tumbuh positif sepanjang 2022 lalu setelah dunia perhotelan dan wisata sempat terpuruk karena pandemi. 

Tamu paling banyak berasal dari kalangan pemerintahan (government). Sedangkan wisatawan mancanegara memang belum terlalu banyak seperti saat sebelum pandemi tiga tahun lalu. 

"Kalau manca sebelum Covid almost 30-40 persen. Kalau sekarang dikuasai government," tandasnya. 

Tesa menjelaskan, okupansi harian pada awal tahun ini sudah mulai membaik dengan rata-rata hunian 40 persen. Sedangkan memasuki masa low season pada Februari ini, mulai terjadi penurunan. 

"Bisa dibilang agak slow sekitar 20-30 persenan per hari karena low season pasca peak season pada Desember kemarin," ucap Tesa. 

Ia berharap April nanti akan mulai ada pergerakan kenaikan okupansi. Alila Hotel Solo juga menerapkan strategi menuju tahun pemerintahan (2024). Tessa berharap akan lebih banyak agenda pemerintahan di Solo. Apalagi banyak perusahaan besar dari Jakarta, Surabaya, Jabar mulai melakukan aktivitas di Solo. 

Ia mengatakan, tamu Surabaya sendiri sangat potensial datang ke Solo. Kebanyakan merupakan grup family dengan tujuan kuliner Solo-Yogyakarta. 

"Februari Maret ini kan memang slow. Kemungkinan April meningkat. Cuma forecast yang kita terima masih belum bergerak dari 25 persen okupansi sampai bulan Maret ya," kata Tessa. 

Maka, dengan jalan-jalan ke Jatim Tessa berharap dapat mendongkrak sektor bisnis Alila Hotel Solo. Alila menawarkan beragam promo dan harga menginap mulai dari Rp1,500.000,++ sampai Rp15.000.000 ++ per malam untuk tipe Presidential Suites berukuran 200 meter persegi dengan dining room yang muat untuk 20 orang. 

Untuk momen Ramadhan nanti, Alila Hotel Solo menawarkan Ramadhan Market dengan tema 1001 Malam dengan harga Rp188.000++ untuk satu orang. Pengunjung bisa menikmati pilihan ratusan menu segar dengan konsep buffee di restoran berkapasitas 400 orang. (Adv) 

Pewarta : Lely Yuana
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.