https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Wisuda UIN Malang, 557 Wisudawan Berpredikat Cum Laude

Sabtu, 14 September 2024 - 13:26
Wisuda UIN Maliki Malang, 557 Wisudawan Berpredikat Cum Laude Gelaran wisuda ke-82 periode 4 tahun 2024 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Sabtu (14/9/2023). (Foto: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki Malang) menggelar wisuda ke-82 periode 4 tahun 2024, Sabtu (14/9/2024). Wisuda kali ini diikuti oleh sebanyak 800 wisudawan baik dari jenjang S-1, S-2, maupun S-3. Yang menjadi menarik, hampir setiap gelaran wisuda, selalu banyak wisudawan yang berhasil meraih predikat cum laude.

Dalam laporan yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Umi Sumbulah, M.A, sebanyak 73,9 persen wisudawan meraih predikat cum laude.

"Berdasarkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), 73,9% wisudawan Program Sarjana, atau sebanyak 557 orang, meraih Predikat Cum Laude. Prestasi yang layak diapresiasi mengingat tidak mudahnya mendapatkan IPK Cum Laude secara konsisten di setiap semester," ucapnya.

UIN-Maulana-Malik-Ibrahim-Malang-b.jpg

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H.M. Zainuddin, MA mendoakan agar ilmu yang diperoleh oleh para wisudawan ini menjadi berkah dan bermanfaat dalam kehidupan. Dia tak lupa mengingatkan, bahwa setiap capaian yang telah ditorehkan oleh mahasiswa ini tak lepas dari doa dan dukungan orangtua.

“Jangan pernah berhenti mencintai dan mendoakan orang tua kalian,” pesan Rektor.

Prof Zainuddin juga mengingatkan tentang tantangan masa depan yang akan dihadapi oleh mahasiswa setelah mereka lulus dari perguruan tinggi. Dia menyebut bahwa tantangan di era global semakin kompleks, dengan perkembangan di bidang ekonomi, politik, sosial, hingga perubahan iklim.

Untuk itu dia menekankan pentingnya lulusan UIN Maliki Malang untuk tidak hanya memiliki kecakapan akademis, tetapi juga karakter yang unggul dalam menghadapi persaingan global.

“Sebagai lulusan pendidikan tinggi Islam, kalian adalah garda terdepan yang harus mampu membawa perubahan positif bagi bangsa dan negara,” tambahnya.

UIN Maliki Malang terus menunjukkan prestasi gemilang di kancah nasional dan internasional. Beberapa pencapaian yang disebutkan oleh Prof. Zainuddin antara lain akreditasi institusi unggul, sertifikasi internasional ISO 9000:2015, serta penghargaan dari MURI atas kontribusi luar biasa mahasiswanya yang berhasil menulis lebih dari 1000 artikel dalam jurnal ilmiah dalam waktu satu bulan.

Selain itu, universitas ini juga diakui sebagai salah satu kampus dengan mahasiswa asing terbanyak di Indonesia, serta mendapatkan berbagai penghargaan terkait pengelolaan kampus yang ramah lingkungan melalui UI GreenMatric. Langkah menuju visi World Class University pun semakin dekat dengan pembangunan kampus baru yang megah, dilengkapi fasilitas modern setara hotel berbintang.

Terakhir, Rektor juga memberikan pesan kepada para wisudawan agar senantiasa menjaga nama baik almamater, serta menjaga sikap yang mampu menyatukan keberagaman menjadi sebuah harmoni.

“Jagalah kesatuan dan persatuan dengan sikap toleransi, hindari kekerasan, dan cintailah NKRI,” pungkas Rektor UIN Maliki Malang. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.