Pendidikan

Gelar Salimar, IKA FT UB Tularkan Kesuksesan kepada Mahasiswa

Sabtu, 24 Februari 2024 - 19:02
Gelar Salimar, IKA FT UB Tularkan Kesuksesan kepada Mahasiswa Program Salimar yang diinisiasi oleh IKA FT UB bekerjasama dengan FT UB melalui aplikasi zoom, Sabtu (24/2/2024). (FOTO: Tangkapan layar)

TIMES JATIM, MALANG – Ikatan Alumni Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (IKA FT UB) bekerja sama dengan Fakultas Teknik menggelar acara Sesi Alumni Mengajar (Salimar) Sabtu (24/2/2024) secara online.

Kegiatan IKA FT UB yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dan sivitas akademika Fakultas Teknik tersebut merupakan fasilitasi dari para alumni, untuk para warga Fakultas Teknik, yang ingin mengembangkan pengetahuan terkait dengan dunia kerja dan dunia industi.

Ketua IKA FT UB, Ir. Iwan Suprijanto, ST., MT., FIDSK mengatakan, Salimar ini merupakan salah satu program IKA FT UB. Dimana visi utamanya adalah untuk memajukan almamater melalui para alumni yang telah mempunyai kiprah di dunia kerja.

"Saya melihat sangat penting peran alumni untuk memberikan pengayaan, melengkapi teori atau ilmu yang sudah diperoleh oleh mahasiswa di bangku kuliah, dengan pengalaman dan praktek baik yang telah dilakukan oleh Alumni," ujar Ketua IKA FT UB.

Sehingga pria yang juga menjabat sebagai Dirjen Perumahan Kementerian PUPR RI itu menginisiasi sekaligus mengajak para alumni, khususnya yang sudah sukses dalam bidang pekerjaan mereka, atau telah mempunyai jabatan strategis di tempat kerjanya untuk bisa menularkan ilmunya kepada para mahasiswa UB.

"Saya merefleksikan diri saya sendiri, kesiapan terjun ke dunia kerja itu tidak cukup hanya dengan teori. Praktek di lapangan tentu sangat membantu," imbuh Ketua IKA FT UB.

Dia menyebut, bangku kuliah tidak mengajarkan apa yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Bahkan dia menilai, ketika seorang belajar di perguruan tinggi, mungkin hanya sekitar 20 - 30 persen  pengetahuan yang bisa didapatkan. "Untuk melengkapi itu mahasiswa harus bisa mengelaborasi teori yang mereka dapatkan di kelas dengan keadaan nyata di lapangan," tuturnya.

Salimar sendiri akan dilakukan dalam beberepa sesi.  Akan ada banyak pemateri expert dari perusahaan strategis di Indonesia yang akan dihadirkan, dan mereka semua merupakan alumni dari UB. Pihaknya berharap hal ini bisa dimanfaatkan betul oleh mahasiswa.

Di kesempatan yang sama, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan Mahasiswa FT UB, Dr. Eng. Ir. Herry Santosa, S.T., M.T., IPM menuturkan, kegiatan semacam ini sangat penting untuk dilakukan. Dimana para alumni bisa menyalurkan ilmunya kepada para mahasiswa.

"Harapanya Ini bisa menjadi forum diskusi yang menjembatani antara dunia akademik dan praktisi yang ada di lapangan," ucapnya.

Pihaknya mengaku sangat mendukung apa yang dilakukan oleh para alumni yang tergabung dalam IKA FT UB ini. Dia juga berharap kegiatan ini menjadi sebuah langkah awal untuk terbukanya pintu lainya, yang bisa membawa banyak manfaat untuk almamater, mahasiswa, dan juga para alumni. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.