https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Potensi Industri Boardgame Di Indonesia Besar, Kemenparekraf RI Gelar FGD di Yogyakarta 

Sabtu, 07 September 2024 - 20:52
Potensi Industri Boardgame Di Indonesia Besar, Kemenparekraf RI Gelar FGD di Yogyakarta  Direktur Aplikasi Permainan Televisi dan Radio Kemenparekraf, Iman Santosa, saat membuka kegiatan FGD Pengembangan Ekosistem Boardgame Di Indonesia (foto Edis /Times Indonesia)

TIMES JATIM, YOGYAKARTA – Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk, Direktorat Aplikasi, Permainan, Televisi, dan Radio Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI bekerjasama dengan Asosiasi Pegiat Industri Board Gim Indonesia (APIBGI) menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) Pengembangan Ekosistem Boardgame Nasional.

Kegiatan ini  digelar pada Sabtu (7/9/2024) di The Alana Malioboro, Yogyakarta.

Direktur Aplikasi Permainan Televisi dan Radio Kemenparekraf, Iman Santosa, mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai wadah diskusi dan kolaborasi antara pengembang gim, pelaku industri kreatif, serta akademisi dalam menciptakan ekosistem boardgame yang lebih solid di Indonesia.

Direktur-Aplikasi-Permainan-Televisi-dan-Radio-Kemenparekraf-b.jpg

"Jadi kami berusaha menjaring ide dan masukan dari berbagai pemangku kepentingan, seperti pegiat, komunitas, dan asosiasi boardgame nasional. Kami ingin mendapatkan masukan teman teman bagaimana mengembangkan industri board game di tanah air karena kami menilai potensinya sangat besar," ujar Iman Santosa.

"Untuk itu diskusi ini sangat penting dalam menyusun strategi pengembangan ekosistem board game yang kuat dan berkelanjutan, yang meliputi komunitas boardgame, pengembang, penerbit, distributor, retailer, hingga penyelenggara acara board game," tandasnya.

Kegiatan ini diikuti setidaknya oleh 25 boardgame lokal dari beberapa penerbit di Jogjakarta. Dalam FGD mereka akan mendapatkan paparan materi singkat dari Ryan Sucipto yang akan memberikan gambaran kondisi boardgame dan pertumbuhan di kota pelajar ini. 

Selain itu, pemaparan dari Adhika Widyaparaga yang menjelaskan mengenai boardgame dalam komunitas dan edukasi. Yang menarik dari FGD ini adalah selain diisi oleh materi - materi dari narasumber, pada kegiatan ini diadakan sesi Play Test dari boardgame lokal.

Adapun kegiatan FGD ini yang bisa dimainkan oleh para peserta, diantaranya adalah Wilah dari Game4change, Papat dari Gurubumi, Sutasoma dari sebangku, Marica On Time dari Marica, Bahtera Nuh dari Impian Studio, Superfood dari Feiratochi, Match Cat dari Hompimpa, sekata dari tabletoys.(*)

Pewarta : Edy Setyawan
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.