Berita

Terungkap Identitas Pria Lompat di Jembatan Suhat Malang hingga Tewas, Pernah Gagal Bunuh Diri Sebelumnya

Jumat, 26 Mei 2023 - 20:06
Terungkap Identitas Pria Lompat di Jembatan Suhat Malang hingga Tewas, Pernah Gagal Bunuh Diri Sebelumnya Warga yang ramai memadati lokasi jembatan Suhat Malang pasca pria bunuh diri melompat. (FOTO: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Terungkap identitas korban bunuh diri yang melompat di jembatan Soekarno-Hatta (Suhat) Kota Malang yang terjadi pukul 15.30 WIB, Jumat (26/5/2023) sore tadi.

Pria yang tewas bunuh diri tersebut berinisial TJS asal Ngajum, Kabupaten Malang. Diketahui, pria tersebut ternyata masih berusia 18 tahun.

Hal ini dibenarkan oleh Kapolsek Lowokwaru Malang, AKP Anton Widodo saat dikonfirmasi TIMES Indonesia.

"Iya warga Ngajum dia, masih 18 tahun," ujar Anton, Jumat (26/5/2023).

Ia juga membeberkan kronologis pria tersebut melompat bunuh diri di jembatan Suhat Malang hingga tewas.

Awalnya, ada saksi yang sedang berjalan di atas jembatan dan melihat pria tersebut melompat secara langsung jatuh ke bawah jembatan hingga terseret arus sekitar 500 meter.

"Akhirnya, saksi itu lapor ke pos lantas dan kita hubungi tim SAR dan BPBD untuk melakukan penyisiran. Setelah itu ketemu dalam kondisi sudah meninggal dunia," ungkapnya.

Untuk penyebabnya, Anton tak bisa membeberkan. Ia hanya mengatakan bahwa hal tersebut merupakan urusan pribadi keluarga.

"Nah itu gak tahu (penyebab pria tersebut bunuh diri). Masalah keluarga itu ya," katanya.

Namun, ia menyebut bahwa pria tersebut ternyata juga pernah melakukan percobaan bunuh diri di lokasi yang sama.

Hal itu terjadi sekitar beberapa bulan yang lalu. Kala itu warga dan polisi yang berada di pos lantas melihat pria tersebut mondar mandir sembari melihat ke arah sungai di jembatan Suhat.

Karena mencurigakan, akhirnya warga pun menghampiri dan pihak kepolisian berhasil menggagalkan percobaan bunuh diri.

Namun sayangnya, pria tersebut akhirnya melompat bunuh diri di lokasi yang sama, Jumat (26/5/2023) dan tewas usai terbawa arus sungai.

"Itu sekitar 5 bulanan yang lalu tapi berhasil digagalkan oleh anggota lantas dari Polsek Lowokwaru," tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, TJS melompat bunuh diri dari jembatan Suhat sekitar pukul 14.30 WIB. Setelah itu, tim SAR dan BPBD Kota Malang pun datang dan melakukan penyisiran.

Sekitar pukul 17.10 WIB, TSJ pun ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.(*)

Berita ini tidak untuk menginspirasi atau mempromosikan tindakan bunuh diri sebagai solusi dari permasalahan hidup. Bunuh diri adalah tindakan serius yang dapat mengakhiri nyawa seseorang dan meninggalkan dampak emosional yang mendalam bagi keluarga dan orang-orang terdekat.

Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami masa sulit, dilanda depresi, atau merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat penting untuk segera mencari bantuan dan dukungan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diambil:

  1. Hubungi dokter kesehatan jiwa: Segera menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan terdekat, seperti Puskesmas atau Rumah Sakit. Mereka akan memberikan bantuan profesional dan penanganan yang sesuai.

  2. Unduh aplikasi Sahabatku: Anda dapat mengunduh aplikasi Sahabatku yang tersedia di Play Store. Aplikasi ini menyediakan sumber informasi dan dukungan yang dapat membantu dalam menghadapi permasalahan mental.

  3. Hubungi Call Center Halo Kemenkes: Anda dapat menghubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes melalui nomor 1500-567. Mereka siap melayani pengaduan, permintaan, dan memberikan saran kepada masyarakat.

  4. Kirim pesan singkat, faksimili, atau surel: Anda juga dapat mengirim pesan singkat ke nomor 081281562620, faksimili ke (021) 5223002, 52921669, atau surel ke [email protected]. Pihak terkait akan merespon dengan informasi dan bantuan yang diperlukan.

Ingatlah bahwa Anda tidak sendirian dalam menghadapi masalah ini. Menghubungi profesional kesehatan jiwa dan mencari dukungan adalah langkah penting untuk mendapatkan bantuan yang dibutuhkan. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.