Hukum dan Kriminal

Perampok Toko Emas di Donorojo Masih Buron, Polres Pacitan Kantongi Ciri-ciri Pelaku

Kamis, 22 Februari 2024 - 09:03
Perampok Toko Emas di Donorojo Masih Buron, Polres Pacitan Kantongi Ciri-ciri Pelaku Kondisi toko emas Sinar Jaya di Donorojo Pacitan usai disatroni kawanan perampok diduga bersenpi. (FOTO: Yusuf Arifai/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITAN – Tim penyidik Polres Pacitan telah mengantongi ciri-ciri pelaku perampokan bersenjata api terhadap toko emas Sinar Jaya di Kecamatan Donorojo pada Jumat (9/2/2024).

Kapolres Pacitan AKBP Agung Nugroho mengatakan, saat ini pihaknya masih dalam tahap pengejaran. Namun, pengejaran akan digencarkan setelah suasana Pemilu kian mereda.

"Kita masih menunggu dulu setelah suasana Pemilu selesai, sudah reda, aman, baru nanti kita lanjutkan lagi. Kemarin sudah mulai ada titik terang. Mudah-mudahan segera terungkap,” kata AKBP Agung Nugroho dalam acara konferensi pers, Rabu, (21/2/2024).

Peristiwa perampokan di siang bolong itu sempat membuat warga sekitar panik. Saksi mata melihat, pelaku perampokan sebanyak empat orang mengendarai dua sepeda motor matic warna hitam dan warna putih dengan berboncengan. Mereka berhasil menggondol emas seberat 25 gram senilai Rp7,5 juta rupiah.

"Saat ini sudah meminta keterangan sejumlah saksi dan berbagai barang bukti termasuk mendapatkan melalui CCTV, penyidik belum bisa sampaikan di awal. Namun setelah Pemilu selesai, setelah kondisi damai. Perkara perampokan akan segera diungkap,” tegasnya kepada para awak media.

Menurut AKBP Agung Nugroho, aksi perampokan bersenjata itu terbilang nekat karena dilakukan di siang bolong saat banyak orang tengah beraktivitas sholat Jumat.

Oleh karena itu, Kapolres Agung mengimbau agar warga lebih waspada saat jam-jam sepi dimana aktivitas masyarakat cenderung lengah.

"Seperti halnya pada saat Jumatan agar lebih waspada menjaga toko yang ditinggal. Sebab toko emas di Donorojo ini disatroni rampok saat warga sekitar melaksanakan sholat jumat di masjid sekitar jam 12.00 WIB,” pungkas Kapolres Agung Nugroho.

Kronologi Perampokan

* Jumat (9/2/2024), sekitar pukul 12.00 WIB, empat orang pelaku perampokan datang ke toko emas Sinar Jaya Donorojo.

* Dua orang pelaku masuk ke toko dan menodongkan senjata api kepada penjaga toko.

* Pelaku lainnya memecahkan etalase dan mengambil emas seberat 25 gram.

* Para pelaku kemudian kabur dengan dua sepeda motor matic.

Barang Bukti

* Rekaman CCTV

* Keterangan saksi

* Sepeda motor yang digunakan pelaku

Upaya Kepolisian

* Meminta keterangan saksi

* Mengamankan barang bukti

* Melakukan pengejaran terhadap pelaku

Imbauan Kepolisian

* Warga agar lebih waspada saat jam-jam sepi

* Meningkatkan keamanan toko

Tim buru dan serbu (Buser) Polres Pacitan sendiri masih memburu pelaku perampokan toko emas Sinar Jaya Donorojo yang kabur usai melancarkan aksi jahatnya itu. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.