Ekonomi

Sempat Melejit, Harga Beras di Probolinggo Berangsur Turun

Sabtu, 24 Februari 2024 - 15:41
Sempat Melejit, Harga Beras di Probolinggo Berangsur Turun Ilustrasi bers premium. (Foto: Dokumen/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Beberapa pekan terakhir, harga beras di sejumlah wilayah Kabupaten Probolinggo, mulai berangsur turun. Diprediksi harga beras tersebut akan terus semakin turun beriring dengan masuknya musim panen.

Penurunan harga beras tersebut berlaku pada beras jenis premium dan medium. Rata-rata penurunan harga beras tersebut berkisar dari Rp500 hingga Rp1.500 perkilogramnya. Penurunan itu berlangsung sedikit demi sedikit dalam sepekan terakhir.

Sebelumnya harga beras premium di pasaran atau kios-kios mencapai Rp17.000 perkilogram. Sementara beras medium mencapai Rp15.000 perkilogramnya. Harga pun berbeda-beda setiap tempatnya.

Berdasarkan data yang dirilis dalam kanal website resmi Pasar Simadu Kabupaten Probolinggo, harga beras premium di sejumlah pasar cukup bervariasi, dari harga Rp12.500 hingga Rp16.000 perkilogram. Sementara harga beras medium berkisar harga dari Rp10.900 hingga Rp14.000 perkilogram.

"Memang berbeda-beda setiap tempat. Tapi sudah banyak yang turun. Di tempat saya juga sudah turun harganya," ungkap Prabowo, pemilik selep beras di Kecamatan Maron, Sabtu (24/2/2024).

Kata dia, turunnya harga beras tersebut lantaran memasuki musim panen padi. Beberapa wilayah saat ini sudah mulai panen. Dia memprediksi, harga itu akan terus mengalami penurunan ke depannya.

"Mungkin karena sudah mulai masuk musim panen. Sehingga harga beras mulai turun. Saya yakin harga itu akan terus turun ke depannya. Jadi masyarakat tidak peru resah," jelasnya.

Astutik, salah satu pemilik kios di wilayah Kraksaan mengaku, harga beras memang sudah mulai turun di pasaran. Penurunan tersebut berlangsung sejak beberapa pekan terakhir. Turunnya berkisar Rp200 hingga Rp500 setiap pekannya.

Hingga saat ini penurunan harga beras sudah lumayan murah. "Iya beras sudah mulai turun. Dari distributor juga sudah mulai turun. Kalau stok di kios saya masih cukup banyak. Harganya juga sudah lebih murah dari sebelumnya," kata dia. (*)

Pewarta : Abdul Jalil
Editor :
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.