https://jatim.times.co.id/
Berita

Pernah Mengadili Kasus Munir, Ridwan Mansyur Dilantik Jadi Hakim MK

Jumat, 08 Desember 2023 - 11:20
Pernah Mengadili Kasus Munir, Ridwan Mansyur Dilantik Jadi Hakim MK Ridwan Mansyur resmi dilantik oleh Presiden Jokowi sebagai hakim MK. (FOTO: tangkap layar)

TIMES JATIM, JAKARTARidwan Mansyur resmi dilantik oleh Presiden Jokowi (Joko Widodo) sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) di Istana, Jumat (8/12/2023).

Ia dilantik setelah menggantikan Manahan Sitompul yang sudah masuk masa pensiunnya. Pelantikan itu tertuang dalam Keppres Nomor 98P Tahun 2023.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya," kata Ridwan mengikuti sumpah yang dibacakan oleh Presiden Jokowi.

"Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan seluruhnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," jelasnya lagi.

Diketahui, sebelum jadi Hakim MK, ia dikenal sebagai hakim pengadilan kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib. Ia menjadi bagian majelis hakim yang mengadili Pollycarpus Budihari Priyanto di PN Jakarta Pusat.

Dalam karirnya, usai berkelana menjadi hak di sejumlah daerah, ia menjadi Ketua PN Batam pada 2008 lalu. Kemudian Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung tahun 2012 hingga 2017.

Ridwan Mansyur menggantikan Manahan Sitompul setelah lulus penulisan makalah dan uji kelayakan. Ia juga mengalahkan empat orang kandidat hakim MK lainnya. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.