Berita

Milenial Peduli Lingkungan, Gus Muhdlor Raih Man of The Year Sidoarjo 2020

Kamis, 14 Januari 2021 - 13:00
1.89k
Milenial Peduli Lingkungan, Gus Muhdlor Raih Man of The Year Sidoarjo 2020 Gus Muhdlor, Man of The Year Sidoarjo 2020. (Grafis: Dena Setya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SIDOARJO – CEO Sidoresik Achmad Muhdlor Ali atau akrab disapa Gus Mudhlor dinobatkan sebagai Man of The Year Sidoarjo 2020 oleh Anugerah TIMES Indonesia (ATI).

Pria yang akrab disapa Gus Muhdlor tersebut bersama kaum muda atau Milenial Sidoarjo pengiat sosial mendirikan Komunitas Sido Resik. Sidoresik didirikan untuk mendorong gerakan perubahan terutama di kegiatan lingkungan dan sosial kemasyarakatan. 

Gerakan Gus Muhdlor lewat Sidoresik salah satunya adalah membersihkan lingkungan dan mengubah cara berpikir warga untuk memilah-milah sampah rumah tangga.
Hal ini, selain untuk mengurangi volume sampah yang semakin sulit ditangani di Sidoarjo.

Lewat Sidoresik, Gus Muhdlor bersama kaum milenial peduli lingkungan terus mengkampanyekan perilaku hidup bersih dengan mendorong pendirian bank sampah di 353 desa/kelurahan di Sidoarjo.

"Dasar gerakan Sido Resik itu riset (penelitian) dan social movement (gerakan sosial) yakni mengubah kesadaran masyarakat dalam penanganan dan pengelolaan sampah," kata  CEO Sido Resik, Ahmad Muhdlor Ali kepada TIMES Indonesia.

Gus Muhdlor memaparkan jika Komunitas Sidoresik memiliki sekitar 1.000 relawan di hampir semua Kecamatan yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Dan kebanyakan para pegiat sosial lingkungan itu kalangan pemuda atau Milenial.

"Harapan kami (Sidoresik red),  para pemuda dan pemudi Sidoarjo ini menjadi motor penggerak perubahan. Sekali keluar bisa mengubah cara berpikir masyarakat serta bisa menjadi pioner di Jawa Timur dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mengelolah sampah," imbuhnya.

Komunitas Sidoresik ini, sifatnya sosial movement. Sidoresik ingin berbagi dalam bakti sosial kepada warga kurang mampu di Kota Delta. "Saya selalu ingatkan kepada kawan Sidoresik untuk  mendorong hidup itu kita dedikasikan untuk hablul minalloh minannas dan minalalam," ucapnya.

Alasan sosial dan ingin membawa perubahan di Kabupaten Sidoarjo itulah yang mendasar Ahmad Muhdlor Ali untuk maju mencalonkan Bupati Sidoarjo berpasangan dengan H Subandi sebagai Calon Wakil Bupati Sidoarjo di Pilkada 9 Desembers 2020 lalu. 

Dengan semangat membawah perubahan serta ingin terus mengkampanyekan peduli lingkungan, peduli sosial serta membawa keadilan di masyarakat sebagai Putra asli Sidoarjo, Gus Muhdlor yang berpasangan dengan H Subandi mendapat suara terbanyak di Pilkada Sidoarjo.

Dedikasi Gus Muhdlor dalam menjaga lingkungan, kegiatan sosial di masyarakat bersama Sidoresik adalah salah satu alasan masyarakat Sidoarjo memilihnya sebagai Bupati Sidoarjo untuk membawah perubahan baru di Kota Delta.

Gus Muhdlor bersama Komunitas Sidoresik sejak 2019 terus mengajak komunitas dan pegiat sosial peduli lingkungan se Sidoarjo untuk mendorong gerakan perubahan di bidang lingkungan dan sosial di masyarakat.

Lewat Sidoresik, Gus muhdlor juga  meresmikan taman Impian di dusun Dukun, desa Ngaresrejo Kecamatan Sukodono,Kabupaten Sidoarjo.

"Taman Impian adalah gagasan untuk membuat kampung surga anak. Taman ini dibuat sebagai salah satu bentuk gerakan anak bermain, belajar dan baca di lingkungan masyarakat,"

Di masa Pandemi Covid-19, Gus Muhdlor bersama Sidoresik rutin membuat kegiatan sosial seperti menyemprot disinfektan gratis ke tempat ibadah, pemukiman warga. Tak hanya itu Gus Muhdlor bersama Sidoresik juga rutin membagikan masker dan sanitizer gratis kepada warga. Selain itu setiap hari jumat Gus Muhdlor bersama Sidoresik juga membagikan nasi bungkus kepada warga Sidoarjo. 

Beberapa hal inilah yang mendasari Anugerah TIMES Indonesia memilih Gus Mudhlor sebagai peraih Man of The Year Sidoarjo 2020. (*)

Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.