https://jatim.times.co.id/
Berita

Perkuat Jejaring Internasional, Pimpinan UIN Malang Kunjungi ISIC Thailand

Kamis, 25 April 2024 - 21:02
Perkuat Jejaring Internasional, Pimpinan UIN Malang Kunjungi ISIC Thailand Jajaran Pimpinan UIN Malang saat melakukan kunjungan ke ISIC Thailand. (Foto: Humas UIN Malang)

TIMES JATIM, MALANG – Jajaran pimpinan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang melakukan kunjungan ke Institut of Science Innovation and Culture (ISIC) Thailand. Delegasi dari UIN Malang dipimpin langsung oleh Rektor UIN Malang, Prof Dr HM Zainuddin MA. Dia ditemani oleh beberapa pimpinan lain seperti Warek 1, Prof. Dr. Hj. Umi Sumbulah, M.Ag, Warek 4, Prof. Dr. H. Isroqunnajah, M.Ag, dan Kaprodi Tadris Bahasa Inggris  Prof. Dr. H. Langgeng Budianto, M.Pd.

Diterangkan bahwa kunjungan yang berlangsung dari 24 hingga 26 April 2024 itu bertujuan untuk menggalang kemitraan yang lebih erat di Asia Tenggara. Disana delegasi UIN Malang menjalani serangkaian kegiatan penting. Seperti diskusi strategis bersama Wakil Presiden untuk Riset ISIC, Asst Prof Dr Saichol Chujuarjeen dan Direktur ISIC Asst Prof Dr Yaoping Liu, yang membahas langkah-langkah konkrit untuk memperluas kerja sama akademik dan penelitian.

Salah satu momen penting lainya dalam kunjungan ini adalah penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UIN Maliki Malang dan ISIC Thailand. MoU ini menegaskan komitmen kedua belah pihak dalam meningkatkan kerja sama akademik, penelitian, dan dialog lintas agama.

"Kami terus memperkuat kerja sama internasional guna mencapai visi kampus unggul bereputasi internasional," ungkap Prof Zainuddin.

Tidak hanya itu, kerjasama ini juga meliputi peluncuran Konferensi Internasional Interreligious yang dijadwalkan pada 19 Oktober 2024 di Hatyai, Thailand. Konferensi ini bertujuan untuk mempromosikan rekonsiliasi dan ketahanan di Asia Tenggara melalui dialog agama, menjadi bukti komitmen UIN Maliki Malang dalam mempromosikan keragaman dan perdamaian di kawasan tersebut. 

Diskusi juga mencakup upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia, penulisan, dan publikasi ilmiah, terutama di jurnal internasional terindeks Scopus.

Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi kemajuan pendidikan dan penelitian kedua negara, membuka peluang baru bagi mahasiswa dan staf untuk belajar dan berkolaborasi di tingkat global.

"UIN Maliki Malang terus berupaya menjadi jembatan akademik dan budaya di Asia Tenggara melalui langkah-langkah konkret dalam kerja sama internasional," pungkas Rektor.  (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.