https://jatim.times.co.id/
Berita

Pangkalan Marinir Surabaya Siapkan Tempat Isolasi Covid-19 Terbuka

Jumat, 30 Juli 2021 - 22:02
Pangkalan Marinir Surabaya Siapkan Tempat Isolasi Covid-19 Terbuka Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Pangkoarmada II Laksda Iwan bercengkrama usai meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di lapangan THOR. (FOTO: Ammar Ramzi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, SURABAYAPangkalan Marinir Surabaya tengah menyiapkan tempat isolasi Covid-19 yang siap menampung pasien bergejala ringan. Hal tersebut disampaikan Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr.(Han), dalam serbuan vaksin, Jumat (30/7/2021).

"Kita melihat banyak rumah sakit umum yang kewalahan untuk menerima pasien Covid-19, kurangnya ruangan untuk melakukan perawatan. Sehingga TNI AL atas perintah bapak KSAL (Kepala Staf Angkatan Laut) mendirikan rumah sakit terpusat," jelas Laksda Iwan.

Maka dari itu disulap lah sebagian gedung dari Pangkalan Marinir Surabaya di Jalan Opak sebagai tempat isolasi. "InsyaAllah minggu depan sudah bisa dioperasikan dengan kapasitas 800 tempat tidur," ucapnya.

Eri Cahyadi B

"Bapak KSAL sudah melakukan kunjungan pada tanggal 22 Juni yang lalu dan beliau menyampaikan bahwa tempat tersebut tidak hanya dikhususkan bagi keluarga angkatan laut, tetapi terbuka untuk seluruh warga," imbuh pria kelahiran Situbondo ini.

Bagi warga yang ingin memanfaatkan fasilitas tersebut harus melalui prosedur triase dari Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan untuk memisahkan antara penderita dengan gejala ringan, sedang, atau berat.

"Untuk yang ringan akan dibawa ke Jl Opak. Kita semua bahu-membahu untuk menuntaskan pandemi Covid-19. Ini merupakan salah satu kontribusi dari TNI AL untuk kesembuhan masyarakat. Kita harapkan sih tempat itu tidak digunakan ya," ujarnya.

Eri Cahyadi C

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Surabaya menyampaikan rasa terima kasih kepada jajaran TNI AL yang telah menyiapkan tempat isolasi terpusat.

"Tentu ini sangat meringankan kami, karena di Surabaya mash ada yang isolasi mandiri di rumah. Maka kami sampaikan terima kasih banyak kepada Pak Panglima sehingga warga kami nantinya bisa memanfaatkan fasilitas ini," ungkapnya.

Dengan isolasi di Pangkalan Marinir Surabaya, lanjut Eri, kondisi kesehatan warga dapat lebih terpantau. "Di sana sudah ada tenaga kesehatan, sehingga sembuhnya pun akan jauh lebih cepat. Sekali lagi terima kasih kepada TNI AL," tutupnya.(*)

Pewarta : Ammar Ramzi (MG-235)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.