https://jatim.times.co.id/
Berita

Ini Jenis Alutsista Kogasratgab yang Dikerahkan dalam Latgab TNI 2023

Rabu, 02 Agustus 2023 - 22:57
Ini Jenis Alutsista Kogasratgab yang Dikerahkan dalam Latgab TNI 2023 Tank Leopard milik Yonkav-8 TNI AD saat melakukan manuver penyerangan dalam Latgab TNI di Pantai Banongan, Situbondo, Selasa (1/8/2023). (FOTO: Adhitya Hendra/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JAKARTA – Panglima Komando Tugas Gabungan (Pangkogasratgab) yang dipimpin Pangkogasratgab, Majen TNI Farid Makruf, telah mengerahkan berbagai Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) canggih selama Latihan Gabungan  atau Latgab TNI 2023 di Asembagus, Situbondo, Jawa Timur, Selasa, (1/8/2023). 

Alutsista yang dikerahkan mencakup berbagai kelas dan jenis yang berbeda. Ini mencakup Tank Leopard dari Yonkav 8, Rudal Atlas dari Yonarhanud 2, dan Rudal MPCV dari Yonarhanud. Selain itu, Tank Scorpion dan Tank Stormer juga diaktifkan dari Yonkav 3.

Alutsista-2.jpg

Komando juga memanfaatkan Ran Komob Perhubungan, serta helikopter Apache dan Bell 412. Selain itu, Rantis Tawanan Pom dan Ransus Zihandak Zipur 10 juga menjadi bagian dari ragam alutsista yang digunakan dalam latihan ini.

"Penggunaan berbagai alutsista ini melambangkan kesiapan dan keahlian kami dalam menangani berbagai operasi militer," ujar Mayjen TNI Farid Makruf. 

Alutsista-3.jpg

"Latihan seperti ini penting untuk memastikan bahwa pasukan kami siap dan mampu menggunakan berbagai alutsista ini secara efektif dan efisien," tambahnya.

Latihan gabungan ini merupakan bagian dari upaya terus menerus TNI untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan operasionalnya dalam menghadapi berbagai skenario. Dengan memanfaatkan berbagai alutsista, Kogasratgab berkomitmen untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI. (*)

Pewarta : Syarifah Latowa
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.