https://jatim.times.co.id/
Berita

Ini Komposisi Pimpinan dan Fraksi di DPRD Kabupaten Probolinggo

Sabtu, 14 September 2024 - 11:35
Ini Komposisi Pimpinan dan Fraksi di DPRD Kabupaten Probolinggo Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo periode 2024-2029 dilantik (Foto: Sekretariat DPRD)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Gambaran komposisi pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo, Jatim untuk periode 2024-2029 mulai terlihat. Empat kursi pimpinan lembaga perwakilan itu, masing-masing diisi oleh kader parpol dengan perolehan kursi terbanyak berdasarkan Pemilu 2024.

Empat parpol itu adalah Partai Golkar (10 kursi), PKB (9 kursi), Gerindra (9 kursi), dan Partai Nasdem (8 kursi).

Partai Golkar menunjuk Oka Mahendra Jati Kusuma. Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Probolinggo berusia 38 tahun ini resmi menjadi Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2024-2029.

Partai Gerindra menunjuk Muhammad Zubaidi untuk menduduki kursi wakil ketua DPRD. Zaubaidi adalah Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Probolinggo, yang pernah menjadi komisioner KPU kabupaten setempat.

Partai Nasdem menunjuk politisi senior, Sumarmi Rasit untuk duduk di kursi wakil ketua DPRD. Adapun PKB, hingga kini belum menunjuk kader untuk menjadi wakil ketua DPRD Kabupaten Probolinggo.

Yang jelas, DPC PKB Kabupaten Probolinggo telah mengusulkan tiga nama ke DPP PKB untuk ditetapkan sebagai wakil ketua DPRD. Ketiganya adalah Mochammad Al-Fatih, Mu’ad, dan Didik Humaidi.

Jumat (13/9/2024) siang, nama Oka Mahendra (Golkar), Muhammad Zubaidi (Gerindra), dan Sumarmi Rasit (Nasdem), diumumkan sebagai calon pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo dalam Rapat Paripurna Internal.

“Untuk PKB, 1 atau 2 hari ini akan menyusul. Jadi, Selasa (17/9/2024) akan ada rapat paripurna lanjutan,” kata Ketua Sementara DPRD Kabupaten Probolinggo, Oka Mahendra Jati Kusuma.

Sesuai aturan, nama-nama pimpinan DPRD yang diumumkan dalam rapat paripurna internal, akan diusulkan ke Gubernur Jatim untuk mendapatkan Surat Keputusan atau SK. Selanjutnya berdasarkan SK tersebut, pimpinan akan dilantik.

Jika tak ada aral melintang, nama-nama calon pimpinan DPRD Kabupaten Probolinggo akan diusulkan ke Gubernur pada pada Selasa. “Hari ini sampai Senin, kan libur,” kata Oka Mahendra.

Nama Pimpinan Fraksi

Selain mengumumkan calon pimpinan DPRD, rapat internal pada Jumat siang, juga mengumumkan pimpinan fraksi, yang menjadi kepanjangan tangan partai di gedung dewan.

Partai Golkar yang menjadi pemenang Pemilu 2024 dengan perolehan 10 kursi di DPRD Kabupaten Probolinggo, menunjuk politisi senior, Wahid Nurahman menjadi ketua fraksi.

PKB yang memperoleh 9 kursi dalam Pemilu 2024, menunjuk Muchlis. Gerindra yang juga memperoleh 9 kursi menunjuk Firdaus Amin sebagai ketua fraksi.

Selanjutnya, Partai Nasdem yang memperoleh 8 kursi dalam Pemilu 2024 menunjuk Andi Suryanto Wibowo sebagai ketua fraksi. PDIP (7 kursi) menunjuk Edi Susanto. Adapun PPP (6 kursi) menunjuk Amin Haddar.

Diketahui, DPRD Kabupaten Probolinggo memiliki kuota kursi sebanyak 50. Berdasarkan hasil Pemilu 2024, kuota 50 kursi tersebut diisi oleh kader dari tujuh parpol, dan mewakili tujuh daerah pemilihan atau dapil.

Ada Partai Golkar (10 kursi), PKB (9 kursi), Gerindra (9 kursi), Nasdem (8 kursi), PDIP (7 kursi), PPP (6 kursi) dan PKS (1 kursi).

Untuk dapil, ada Dapil 1 (meliputi Kecamatan Kraksaan, Besuk dan Gading). Dapil 2 (meliputi Kecamatan Paiton, Kotaanyar dan Pakuniran). Dapil 3 (meliputi Kecamatan Tiris, Krucil dan Maron).

Selanjutnya Dapil 4 (meliputi Kecamatan Leces, Tegalsiwalan dan Banyuanyar). Dapil 5 (meliputi Sukapura, Sumber, Kuripan, Bantaran dan Wonomerto). Dapil 6 (meliputi Kecamatan Sumberasih, Tongas dan Lumbang).

Adapun Dapil Probolinggo 7, meliputi Kecamatan Dringu, Gending, Pajarakan dan Kecamatan Krejengan.

50 anggota DPRD Kabupaten Probolinggo masa jabatan 2024-2029 ini, telah dilantik pada Jumat (30/8/2024) siang. (*)

Pewarta : Muhammad Iqbal
Editor : Muhammad Iqbal
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.