https://jatim.times.co.id/
Berita

Bimtek DPRD Kabupaten Banyuwangi Sarana Introspeksi Bagi Anggota Dewan Berpengalaman

Rabu, 18 September 2024 - 20:09
Bimtek DPRD Kabupaten Banyuwangi Sarana Introspeksi Bagi Anggota Dewan Berpengalaman Anggota DPRD periode 2024-2029, Michael Edy Hariyanto SH, MH, saat mengikuti Bimtek dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur di Malang. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh DPRD Kabupaten Banyuwangi menjadi sorotan penting dalam meningkatkan kualitas anggota dewan. 

Salah satu anggota DPRD periode 2024-2029, Michael Edy Hariyanto mengatakan Bimtek ini sering kali ditujukan bagi anggota dewan yang baru menjabat. Namun, bimtek ini juga bisa menjadi sebuah wadah untuk merefleksi dan inovasi bagi anggota dewan yang sudah berpengalaman.

“Bimtek ini sebenarnya untuk orang baru yang jadi anggota dewan. Tapi bagi yang sudah pernah menjabat seperti saya, ini sebagai wadah intropeksi diri,” kata Michael, Rabu, (18/9/2024). 

Selama Bimtek, para wakil rakyat dari Bumi Blambangan ini diberikan berbagai macam tugas pokok dan fungsi (tupoksi) sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 6 Tahun 2024 oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur. Materi yang diberikan mencakup Sistem Pemerintahan Indonesia, serta penguatan dan penegakan peraturan perundang-undangan.

Lebih lanjut, mereka juga memperoleh pemahaman tentang fungsi, tugas, dan wewenang anggota dewan, alat kelengkapan dewan, hak dan kewajiban anggota DPRD, serta tata tertib dan kode etik. 

Maka dari itu, menurut Politisi dari Partai Demokrat ini, Bimtek sangat bermanfaat untuk merefleksikan kinerja anggota dewan yang pernah menjabat, sehingga dapat merancang langkah strategis ke depan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Introspeksi adalah langkah awal yang penting untuk memperbaiki diri. Kami perlu memahami bahwa setiap keputusan yang kami ambil berdampak langsung pada masyarakat. Dengan Bimtek ini, kami bisa mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan," jelas Michael. 

Melalui kegiatan ini, DPRD Banyuwangi berharap dapat menghasilkan anggota dewan yang lebih responsif dan akuntabel, serta meningkatkan hubungan dengan konstituen. Sehingga kegiatan yang digeber mulai tanggal 17 hingga 20 September 2024 di Savana Hotel & Convention, Malang ini menjadi momentum yang tepat untuk menciptakan perubahan positif dalam pelayanan publik di Banyuwangi. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.