https://jatim.times.co.id/
Berita

Pasar Pasrepan Pasuruan Terbakar, Ratusan Kios Luluh Lantak

Senin, 09 September 2024 - 08:40
Pasar Pasrepan Pasuruan Terbakar, Ratusan Kios Luluh Lantak Kebakaran kembali melanda Pasar Pasrepan, di Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Senin (9/9/2024) dinihari. (Foto: Robert/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PASURUANKebakaran melanda Pasar Pasrepan di Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur Senin (9/9/2024) dinihari.

Api diketahui berkobar sejak pukul 03.00 WIB sebelum Subuh. Menurut Abdullah (51) salah satu warga setempat, api berasal dari sisi timur pasar bagian utara. Kemudian dengan cepat merembet ke bagian barat dan melahap sejumlah kios yang ada di lantai 2.

3 unit mobil Damkar milik Pemkab Pasuruan, dibantu dengan mobil tanki water suplai terus berjibaku memadamkan kobaran api yang semakin membesar. Selang 2 jam kemudian atau sekitar pukul 05.30 WIB, petugas dan relawan pemadam kebakaran berhasil menjinakkan si jago merah.

Dari pantauan di lokasi, hingga pukul 07.00 WIB petugas masih melakukan pembasahan dan penyemprotan di sejumlah titik-titik api yang masih menyala.

Pasar-Pasrepan-b.jpg

Sedangkan sisi utara pasar yang merupakan blok pedagang mracangan (mlijo), terbakar habis. Nampak puluhan lapak-lapak pedagang luluh lantak dilahap si jago merah.

Belum diketahui secara pasti, apa penyebab kebakaran yang melanda Pasar Pasrepan di Senin pagi buta tersebut.

Petugas identifikasi (INAFIS) dari Polres Pasuruan yang telah tiba pun, masih harus menunggu petugas Damkar selesai melakukan pemadaman total, untuk melakukan penyelidikan.

Seperti diketahui, Pasar Pasrepan juga pernah terbakar pada tahun 2017 lalu. Saat itu yang terbakar adalah pasar penampungan sementara akibat peristiwa kebakaran yang terjadi sebelumnya di tahun 2014.

Dalam kejadian tersebut, ratusan bedak-bedak pedagang di pasar penampungan yang berlokasi di sebelah utara pasar lama, ludes tak tersisa. Setelah direvitalisasi dan dibangun kembali, kejadian kebakaran kembali terulang di pasar yang terletak di akses jalur menuju kawasan wisata Bromo tersebut.(*)

Pewarta : Robert Ardyan
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.