https://jatim.times.co.id/
Berita

Haul Kiai Bisri Syansuri, Habib Jafar Ajak Gus dan Ning Pelopor Dakwah di Media Sosial

Jumat, 29 Desember 2023 - 07:05
Haul Kiai Bisri Syansuri, Habib Jafar Ajak Gus dan Ning Pelopor Dakwah di Media Sosial Habib Jafar saat menghadiri acara di Pondok Pesantren Denanyar Jombang. (FOTO: Dok Ponpes Denanyar Jombang)

TIMES JATIM, JOMBANG – Di kalangan anak muda, nama Habib Husein Jafar al-Hadar sangat terkenal. Ini karena dakwah dan pesan-pesan keagamaan yang disampaikan Habib Husein sangat enteng, segar dan menyasar kalangan muda. Habib Husein juga sering memberikan ceramah dan motivasi dakwah di kalangan santri serta generasi muda.

Pada rangkaian Haul Kiai Bisri Syansuri di Pesantren Denanyar Jombang, Rabu (27/12/2023) kemarin, Habib Husein Jafar mengajak para Gus dan Ning untuk aktif berdakwah di media sosial. Menurutnya, para Gus dan Ning di berbagai kawasan, ilmunya sangat banyak tapi hanya tersebar di kalangan terbatas.

“Para gus dan ning selama ini berdakwah hanya di panggung-panggung pengajian. Padahal, ilmunya banyak sekali. Maka, saya mengajak para Gus dan Ning, untuk aktif di media sosial, agar ilmunya bisa dinikmati lebih banyak orang. Agar manfaatnya lebih banyak ke berbagai kalangan,” demikian ungkap Habib Husein di agenda “Recharge” yang diselenggarakan PP MATAN di kawasan pesantren Denanyar Jombang, Jawa Timur. 

Menurut Habib Husein, sudah saatnya para Gus, Ning dan kalangan santri untuk menjadi pelopor dakwah di kalangan generasi muda, dengan memanfaatkan berbagai platform media yang sekarang ada. Agenda ‘Recharge’ ini merupakan rangkaian Haul Kiai Bisri Syansuri, yang diselenggarakan PP MATAN, dihadiri oleh Dewan Pengasuh Pesantren Denanyar Jombang, Ketua Umum PP MATAN Dr. M. Hasan Chabibie, kiai-Kiai dan Bu Nyai muda dari beberapa pesantren di Jawa Timur, serta ribuan santri dari beberapa pesantren. 

Dalam ceramahnya, Habib Husein mengungkapkan pentingnya memahami Iman, Islam dan Ihsan dalam satu kesatuan. Pendakwah milenial ini juga mengajak para santri untuk menjadi pemimpin komunitas, yang memahami ihsan sebagai kesadaran bersikap.

Habib Husein menyitir sebuah pedoman, bahwa hiduplah, apalagi ibadah, seolah-olah anda melihat Allah dan kalau kamu tidak melihat Allah, sadarilah bahwa Allah selalu melihat kamu.

“Kalau kita sadar bahwa Allah selalu melihat kita, nggak akan kita bermaksiat. Karena itu, recharge-nya agar kita selalu melihat Allah. Karena, Allah selalu melihat kita,” terangnya. 

Selanjutnya, Habib Husein juga menyitir pendapat dari Imam Ali, sebagai rujukan bersikap dan perspektif. “Imam Ali bin Abi Thalib pernah berkata: kalau ingin melihat imanmu, lihatlah dirimu ketika sedang sendirian. Ini penting, karena orang biasanya aneh-aneh kalau sendiri. Maka, kalau mau tes iman, ya lihatlah dirimu sendiri ketika sedang tidak ada teman, ketika sedang sendirian, ketika sedang di kamar mandi. Karena, biasanya kalau sedang sama orang, kita sering cosplay menjadi orang yang beriman, karena ndak enak dilihat sama orang,” ungkap Habib Husein.

Ketua Umum PP MATAN, Dr. M. Hasan Chabibie mendorong agar para santri yang berjuang di medan dakwah dan pengetahuan bisa terus bersama-sama Khidmah. Pihaknya, PP MATAN dan jaringan, selalu siap serta menyediakan diri untuk berkolaborasi dengan berbagai komunitas santri dalam perjuangan dakwah di media-media sosial. 

Sementara, Gus Abdurrohman Kafa (kiai muda dari Pesantren Lirboyo Kediri), mengungkapkan bahwa santri-santri masa kini harus memahami pentingnya perjuangan dalam mencari ilmu. Menurutnya, para ulama zaman dahulu, berjuang untuk mendapatkan ilmu serta mengajarkan dengan kesungguhan yang luar biasa. Ia mencontohkan Imam al-Ghazali yang mengisahkan betapa dalam seluruh hidupnya digunakan dalam proses Khidmah untuk pengetahuan. Bahkan, ada masa panjang dalam perjuangan agar bisa mendapatkan ilmu yang diinginkan.

Gus Abdurrohman Kafa mengajak para santri untuk terus meneladani Kiai-kiai dan ulama terdahulu dalam semangat berdakwah, mengaji serta mengajar santri. Karena inilah bagian dari Khidmah terpenting menjadi santri pada masa kini. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.