https://jatim.times.co.id/
Berita

Paguyuban PKL Sekolah Dukung Warsubi-Salman, Berharap UMKM Naik Kelas Terwujud

Rabu, 23 Oktober 2024 - 10:22
Paguyuban PKL Sekolah Dukung Warsubi-Salman, Berharap UMKM Naik Kelas Terwujud Para PKL Sekolah yang tergabung dalam Paguyuban PKL Al-Mulya dukung Warsubi-Salman di Pilkada Jombang. (FOTO: Rohmadi/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, JOMBANG – Dukungan untuk pasangan calon (paslon) nomor urut 2 di Pilkada Jombang 2024, H Warsubi dan KH Salmanudin Yazid (WarSa), terus mengalir. Kali ini, ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang tergabung dalam Paguyuban PKL Al Mulya, yang berdagang di sekitar sekolah-sekolah di Jombang, resmi memberikan dukungan mereka kepada WarSa.

"Paguyuban kami terdiri dari pedagang yang beroperasi di depan sekolah-sekolah di 21 kecamatan di Jombang," ujar Mulyono, Ketua Paguyuban PKL Al Mulya, saat deklarasi dukungan pada Senin (20/10/2024). Deklarasi tersebut dihadiri lebih dari 200 PKL dan dilakukan secara mandiri tanpa campur tangan pihak lain.

Mulyono, yang memiliki latar belakang akademik sebagai Magister Ekonomi, mengungkapkan bahwa sosok Warsubi sangat dicintai oleh para pedagang karena sifat dermawan dan kepeduliannya.

"Abah Warsubi di mata kami itu sosok yang rendah hati dan mudah berbaur dengan masyarakat. Dia sangat memperhatikan orang kecil. Kami yakin Abah mampu menjadi Bupati Jombang yang membawa perubahan," jelasnya.

Bagi para pedagang, harapan mereka cukup sederhana: dapat berdagang dengan tenang di sekitar sekolah-sekolah tanpa ada gangguan atau larangan. Dukungan ini juga muncul karena adanya janji program yang menyentuh langsung kehidupan mereka.

Pilkada-Jombang-6.jpg

WarSa Bawa Angin Segar untuk UMKM

Selain kepribadian Warsubi, para pedagang juga menyambut baik visi dan misi yang diusung oleh paslon WarSa, khususnya terkait dengan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Mulyono menyoroti salah satu program utama WarSa yang dianggap sangat relevan bagi para PKL, yaitu peningkatan daya saing UMKM.

"Kami melihat paparan Abah Warsubi dalam debat kemarin yang menekankan pentingnya pengembangan UMKM, termasuk memberi pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk. Program ini sangat penting bagi kami, karena selama ini UMKM hanya difasilitasi sebatas pameran tanpa ada upaya peningkatan keterampilan secara berkelanjutan," ungkap Mulyono.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa program yang diusung WarSa tidak hanya mencakup pelatihan, tetapi juga memberikan akses ke perbankan dan membantu pengusaha kecil memperoleh sertifikat halal. "Ini sangat bermanfaat bagi kami. Dengan bantuan tersebut, kami bisa meningkatkan kualitas usaha dan pendapatan," tambahnya.

Mulyono dan para PKL yang tergabung dalam Paguyuban Al Mulya berharap, jika terpilih, Warsubi dan Salmanudin dapat merealisasikan program tersebut sehingga UMKM di Jombang bisa benar-benar berkembang dan naik kelas. (*)

Pewarta : Rohmadi
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.