https://jatim.times.co.id/
Berita

Dukung Kelancaran Gandrung Sewu, Dishub Banyuwangi Siapkan Strategi Ini

Rabu, 23 Oktober 2024 - 20:21
Dukung Kelancaran Gandrung Sewu, Dishub Banyuwangi Siapkan Strategi Ini Komang Sudira, Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Banyuwangi (FOTO: Ikromil Aufa/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Dinas Perhubungan (Dishub) Pemkab Banyuwangi mengungkapkan sejumlah strategi dan persiapan untuk mendukung kelancaran Festival Gandrung Sewu Banyuwangi yang akan digelar pada akhir pekan ini. Festival yang merupakan salah satu acara budaya terbesar di Banyuwangi ini diharapkan menarik ribuan pengunjung dari berbagai daerah.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Banyuwangi, Komang Sudira mengungkapkan, beberapa langkah penting yang telah disiapkan untuk memastikan transportasi dan akses menuju lokasi festival berjalan lancar. 

“Kami sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk luasan parkir yang saat ini biasanya menggunakan area pangkalan pendaratan ikan saja, kita minta perlebar sampai di area pelabuhan pengumpan regional,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (23/10/2024).

Pihak Dishub meminta untuk semua masyarakat bersabar dan mengikuti arahan-arahan dari petugas supaya semuanya bisa berjalan dengan baik dan lancar.

"Kami mengerti bahwa acara besar seperti ini bisa menyebabkan beberapa ketidaknyamanan, namun dengan kerjasama dan kesabaran dari semua pihak, kami yakin Festival Gandrung Sewu dapat berlangsung dengan sukses dan memberikan pengalaman yang berkesan bagi semua pengunjung," ujarnya.

Lebih lanjut Komang menjelaskan, Dishub telah menyiapkan beberapa skenario darurat untuk menghadapi kemungkinan situasi yang tidak diinginkan.

“Kita bekerjasama dengan beberapa unsur terkait, antara lain dari polair dan sebagainya. Sehingga, nanti jalur-jalur alternatif yang seandainya ditembus dari jalur darat tidak bisa dilakukan, bisa menggunakan speedboat yang dimiliki oleh instansi vertikal yang sudah standby di lokasi,” jelasnya.

Selain itu, Dishub juga akan meningkatkan patroli di sekitar lokasi festival untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Petugas akan ditempatkan di titik-titik strategis untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan, keributan, atau kejadian yang tidak diinginkan. 

“Kami ingin memastikan bahwa semua pengunjung dapat menikmati Festival Gandrung Sewu dengan aman dan nyaman,”paparnya. 

Untuk mendukung hal tersebut, Dishub juga akan bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.Dengan persiapan yang matang dan kerjasama dari berbagai pihak, Komang optimis Festival Gandrung Sewu tahun ini akan berjalan dengan sukses dan lancar, serta meninggalkan kesan mendalam bagi semua yang hadir.(*)
 

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.