Berita

Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Jalani Upacara Jalanidhipuja di Pantai Balekambang

Minggu, 19 Maret 2023 - 14:16
Jelang Hari Raya Nyepi, Umat Hindu Jalani Upacara Jalanidhipuja di Pantai Balekambang Umat Hindu ketika menjalani Ritual Jalanidhipuja di Pantai Balekambang. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang)

TIMES JATIM, MALANG – Ribuan umat Hindu memadati Pantai Balekambang untuk menjalani Upacara Jalanidhipuja, Minggu (19/3/2023). Ritual tersebut menyambut Hari Raya Nyepi yang jatuh pada Rabu (22/3/2023).

Upacara Jalanidhipuja di Pantai Balekambang ini dihadiri langsung Bupati Malang Sanusi. Kedatangan orang nomor satu di Pemkab Malang tersebut sekaligus meresmikan Pura Kahyangan Jagad Amerta Jati yang selesai Dipugar.

Turut hadir pada Upacara Jalanidhipuja di Pantai Balekambang ini Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang, Camat dan Muspika Bantur, Ketua dan Pengurus PHDI Kabupaten Malang, serta Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Bupati Malang Sanusi dalam sambutannya menyampaikan Selamat memperingati Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945/2023 Masehi kepada seluruh Umat Hindu di Kabupaten Malang maupun dari daerah lain.

“Perayaan Hari Raya Nyepi merupakan momentum bagi Umat Hindu untuk meninggalkan aktivitas duniawi dalam keheningan dengan cara bermeditasi. Bukan sekedar hening, melainkan juga melakukan peribadatan dengan permohonan kepada Tuhan guna menyucikan Bhuana Alit atau alam manusia dan Bhuana Agung atau alam semesta,” ujar Bupati Malang Sanusi.

Bupati-Malang.jpgBupati Malang Sanusi ketika menandatangani prasasti pemugaran Pura Kahyangan Jagad Amerta Jati di Pantai Balekambang. (Foto : Prokopim Kabupaten Malang).

Lebih lanjut dia mengatakan, Hari Raya Nyepi sendiri, memiliki relevansi yang sesuai dengan kehidupan di masa sekarang maupun di masa yang akan datang.

Yakni sebagai momentum pergantian tahun Saka, Hari Raya Nyepi diharapkan untuk dapat memotivasi umat Hindu baik secara ritual maupun spiritual, juga sebagai pengingat bahwa alam senantiasa menjadi sumber kehidupan.

“Hari Raya Nyepi juga menjadi simbol pelepasan sifat-sifat serakah yang melekat dalam diri manusia agar kehidupan dapat berjalan secara seimbang. Di mana sepanjang tahun sebelumnya, manusia telah banyak mengambil manfaat dari alam," kata Politisi PDI Perjuangan ini.

Menurutnya, di Pantai Balekambang, Desa Srogonco, Bantur, Kabupaten Malang, selalu digunakan untuk prosesi upacara Jalanidhipuja menjelang Hari Raya Nyepi yang diadakan tiap tahunnya.

"Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi Umat Hindu di momen pergantian tahun baru Saka, untuk mengembalikan apa saja yang telah diperoleh dalam bentuk persembahan,” urainya.

Pada kesempatan Upacara Jalanidhipuja di Pantai Balekambang ini, Bupati Malang Sanusi juga menyerahkan secara simbolis kendaraan oprasional kepada PHDI Kabupaten Malang. (*)

Pewarta : Binar Gumilang
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.