https://jatim.times.co.id/
Berita

Suara Terbanyak Pileg dan Dekat Kalangan Muda, Gus Tadlo Menguat Dampingi Sanusi 

Kamis, 18 April 2024 - 16:38
Suara Terbanyak Pileg dan Dekat Kalangan Muda, Gus Tadlo Menguat Dampingi Sanusi  Pengurus DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang, yang kini juga Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Malang, H Ali Murtadlo.

TIMES JATIM, MALANG – Kedekatan dua parpol besar di Kabupaten Malang, PDIP dan PKB, sudah mulai terang-terangan dimunculkan ke publik. Bupati Malang, HM Sanusi, petahana terkuat yang bakal diusung PDIP menjadi cabup pilkada Malang, juga sudah beberapa kali menunjukkan sinyal kecocokannya didampingi kader PKB. 

Meski demikian, siapa yang nantinya dipasangkan dengan Sanusi pada kontestasi pilkada Malang 2024 ini, masih jadi teka-teki. Berdasarkan hasil musycab DPC PKB Kabupaten Malang yang digelar tahun lalu, nama Ketua DPC, H Kholiq, memang diputuskan sebagai kader yang bakal diusung sebagai calon pada pilbup Malang mendatang. 

Akan tetapi, belakangan muncul dinamika dan disebut di beberapa media, nama-nama kader PKB Kabupaten Malang lainnya. Ada nama Hikmah Bafaqih, juga Ali Murtadlo, yang juga merupakan politisi dan tokoh muda yang kini menjadi anggota DPRD Kabupaten Malang. 

Disinggung soalnya menguatnya perbincangan namanya terkait kans menjadi paslon cawabup Malang untuk Sanusi, Ali Murtadlo tidak serta merta menepisnya. 

"Ya, kalau ada perintah DPP PKB, Saya siap (maju calon pilkada)," singkat Gus Tadlo, dikonfirmasi, Kamis (18/4/2024). 

Elektabilitas Ali Murtadlo tidak bisa diragukan, dimana dari beberapa kali pemilu suara pemilih dijatuhkan kepada namanya. Pada pileg 2024 lalu, ia mendapatkan 18 472 suara caleg, yang merupakan perolehan suara tertinggi di internal caleg-caleg PKB. 

"Perolehan suara coblos nama Saya naik signifikan, dibanding pileg 2019 lalu, yangmana mendapatkan 10.600 suara sah," terang pria yang kini Ketua Fraksi PKB DPRD Kabupaten Malang ini. 

Ali Murtadlo juga merupakan kader sekaligus tokoh yang besar dari rahim Nadlatul Ulama (NU), dan sudah kenyang pengalaman organisasi kepemudaan di lingkup organisasi NU. 

Sosoknya di organisasi muncul saat menjadi Ketua PAC Ansor Kecamatan Jabung periode 2008-2012, dan menjadi Komandan Satkorcab Banser Kabupaten Malang (2012-2016). 

Selama 2015-2019, Gus Tadlo juga dipercaya menjadi Ketua MWC NU Kecamatan Jabung, sekaligus menduduki Wakasatkorwil Banser Jawa Timur periode 2016-2019.

Pengalaman dan kiprah Ali Murtadlo di organisasi politik juga dijalani dalam kurun waktu hampir bersamaan. Yakni, menjadi Ketua PAC PKB Jabung (2008-2012), dan berlanjut memegang amanah sebagai Wakil ketua DPC PKB Kabupaten Malang, periode 2012-2016.

Sebelum terpilih menjadi anggota dewan, Gus Tadlo pernah menjadi wakil ketua Tanfidz DPC PKB Kabupaten Malang (2016-2021), dan kini menjabat bendahara DPC PKB Kabupaten Malang periode 2021-2026.

Terkait posisi calon yang bakal diusung pada pilkada Malang nanti, Sekretaris DPC PKB Kabupaten Malang, Kuncoro menyatakan, kepastian nama-nama yang direkomendasi DPP PKB belum dikeluarkan sampai saat ini. 

"Calon dari internal PKB yang akan diusung bisa posisi N1 (calon Bupati) atau N2 (calon wakil bupati. Semua tetap tergantung keputusan dan rekomendasi DPP PKB," kata Kuncoro, dikonfirmasi, Kamis (18/4/2024). (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.