https://jatim.times.co.id/
Berita

Survei Elektabilitas Pilkada Lamongan 2024, Pemilih Netral Masih Mendominasi

Selasa, 30 April 2024 - 19:32
Survei Elektabilitas Pilkada Lamongan 2024, Pemilih Netral Masih Mendominasi Hasil survei Elektabilitas Pilkada Lamongan yang dilakukan Unisla Barometer. (FOTO: Unisla for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, LAMONGAN – Hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Universitas Islam Lamongan (Unisla) Barometer menunjukkan bahwa mayoritas pemilih di Kabupaten Lamongan belum menentukan pilihan menjelang Pemilihan Kepala Daerah 2024 (Pilkada 2024).

Dari survei yang melibatkan 1000 responden kalangan mahasiswa, dosen dan umum yang berusia diatas 18 tahun. Dan penanggung jawab survei ini adalah Ketua Yayasan YPPTI Sunan Giri, H.Bambang Eko Mulyono, SH., M.Hum.,MM, dan Rektor Unisla, Dr. Abdul Ghofur, SE., M.Si ini tercatat bahwa 47,1% responden masih berposisi netral.

Elektabilitas-Pilkada-Lamongan-2.jpg

Survei yang dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 20 April 2024 ini mengungkapkan elektabilitas para kandidat dengan Dr. Yuhronur Efendi, M.Ba, petahana, memimpin dengan perolehan 27,5%. Sementara itu, Ahmad Sandy mengikuti dengan 11,5% dan Drs. KH. Abdul Rouf, M.Ag dengan 9,2%. 

Sedangkan untuk hasil survei kandidat lainnya, seperti Dr. Hj. Kartika Hidayati, MM., M.HP, Ir. Suhandoyo, Khusnul Yaqin, H. Abdul Ghofur, Lukman Khakim, M.Si, Debby Kurniawan, total memperoleh dukungan di bawah 3%.

Elektabilitas-Pilkada-Lamongan.jpg

Ketua Unisla Barometer Dr. Abid Muhtarom, SE., MSE menjelaskan, posisi netral yang dominan ini menunjukkan masih adanya ketidakpastian di kalangan pemilih, bahwa ini baru survey awal nanti akan di update perkembanganya. 

"Mayoritas responden masih mempertahankan posisi netral mereka. Ini menandakan bahwa banyak pemilih yang masih menunggu kepastian atau kemungkinan terkait visi dan misi dari para kandidat," ujar Abid, Selasa (30/4/2024). 

Sementara itu Ghofur, berharap bahwa hasil survei ini dapat memberikan gambaran yang jelas bagi pemilih dalam membuat keputusan di bilik suara.

"Kami berharap survei ini membantu masyarakat Lamongan untuk lebih mengenal kandidat yang akan memimpin lima tahun kedepan serta membantu mereka dalam membuat keputusan yang lebih informasi pada hari pemilihan," kata Ghofur.

Dengan Pilkada Lamongan yang akan berlangsung November mendatang, hasil survei ini diharapkan dapat memberikan wawasan penting bagi semua pihak yang terlibat dalam Pilkada Lamongan 2024. (*)

Pewarta : Moch Nuril Huda
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.