https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Batik Garudeya Bakal Jadi Seragam Pelajar Kabupaten Malang 

Selasa, 30 April 2024 - 20:30
Batik Garudeya Bakal Jadi Seragam Pelajar Kabupaten Malang  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dr Suwaji. (Foto: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Pihak Dinas Pendidikan Kabupaten Malang bakal mewujudkan penerapan batik Garudeya sebagai seragam khas lokal pelajar semua jenjang pendidikan di Kabupaten Malang. 

Rencana seragam batik Garudeya ini juga ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Dr Suwaji MSi. Pihaknya juga tengah mematangkan disain motif yang bakal jadi seragam batik semua pelajar. 

Dikatakan, rencana seragam Batik Garudeya bagi pelajar ini nantinya mengambil warna dasar perpaduan biru tua dan muda. Sedangkan, motif inti Garudeya sendiri akan memakai warnai lain, merah marun, seperti halnya di relief Garudeya yang ada di Candi Kidal Tumpang, Kabupaten Malang. 

"Batik Garudeya itu sudah menjadi kekayaan lokal khas Kabupaten Malang, dan sudah mendapatkan sertifikat HaKI. Motifnya nanti didominasi warna biru, dan merah marun untuk inti Garudeya-nya," terang Suwaji, Selasa (30/4/2024). 

Dikatakan, seragam batik Garudeya ini sudah sesuai Permendikbud ristek Nomor 50 Tahun 2022. Yang teridiri dari seragam nasional, seragam lokal, dan seragam khas daerah. 

"Pemberlakuan seragam batik Garudeya ini juga sesuai ketentuan Mendikbud Ristek, terkait penggunaaan busana adat atau kekayaan budaya sesuai kearifan lokal," terangnya. 

Untuk semantara, kata Suwaji, akan diberlakukan untuk pelajar jenjang SMP,  yakni sejumlah 80 ribu lebih siswa. Jumlah pelajar di Kabupaten Malang sendiri, lanjutnya, totalnya 170 ribu lebih siswa. 

Pemberlakuan seragam batik khas Malang di sekolah sendiri, menurutnya juga pernah dilakukan dengan motif batik lurik. 

Sebelumnya, peluncuran batik pelajar Kabupaten Malang Garudeya sempat dilaunching Bupati Malang, HM Sanusi, dalam acara halal bihalal bersama MKKS SMP Swasta Kabupaten Malang kemarin. (*)

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.