https://jatim.times.co.id/
Berita

Elang Jagoan, Buku Antologi Cerita Anak Karya Para Alumni UB

Jumat, 26 Juli 2024 - 20:02
Elang Jagoan, Buku Antologi Cerita Anak Karya Para Alumni UB Buku Elang Jagoan karya para alumni UB yang tergabung dalam BWC. (Istimewa)

TIMES JATIM, MALANG – Ikatan Alumni Universitas Brawijaya (IKA UB) melalui Kompartemen Kebudayaan resmi melakukan soft launching buku berjudul Elang Jagoan. Buku ini merupakan karya para alumni Universitas Brawijaya dari berbagai angkatan dan lintas jurusan yang tergabung dalam Brawijaya Writer Club (BWC).

Terdesak oleh kekhawatiran terhadap lemahnya literasi anak Indonesia, dan terdorong keinginan untuk menghadirkan buku cerita anak berkualitas, Brawijaya Writers Club kembali mengajak para alumninya untuk berkarya hingga lahirlah buku anak pertama BWC, bertema Elang Jagoan; Aku Kecil, Tetapi Bisa Jadi Pahlawan.

Elang Jagoan lahir dari kolaborasi besar para alumni UB. Mulai dari penggagas ide, dukungan fasilitas dan sarana, eksekutor ide, mentor, editor, illustrator, hingga para penulis–seluruhnya berasal dari alumni berbagai universitas dan beragam daerah. Dengan visi menghadirkan bacaan anak berkualitas, untuk mencapai tujuan agar Elang Jagoan memberikan kebaikan dan kebermanfaatan bagi literasi negeri.

Ide melahirkan Elang Jagoan bermula dari keinginan Danny Aryaputra (alumni FPIK UB 2003) yang ingin menulis buku untuk anandanya. Ia pun kemudian mendiskusikan ide tersebut bersama para alumni yang tergabung dalam BWC.

Kirana Kejora (mentor, juga alumni FPIK UB 1989), kemudian menyambut ide tersebut dengan menyatakan bahwa BWC dan Kompartemen Kebudayaan IKA UB akan mendukung jika ada yang bersedia menjadi penanggungjawab project tersebut.

Suci Purnama Sari (alumni FPIK UB 2005) pun menyatakan kesediaannya untuk menjalankan project tersebut. Setelah, Sofia (alumni FPIK UB 1999) menyampaikan keikutsertaannya untuk membantu pelaksanaan project, ia pun menghubungi Eka Purnama (alumni FP UB 2001), mengajaknya untuk menjadi mentor dalam workshop Elang Jagoan.

Sementara, Suci pun menghubungi Eri Patmasari (alumni FEB 2012) yang sudah jauh-jauh hari menyampaikan keinginannya untuk berkolaborasi membuat buku cerita anak dengannya. Tim pun terbentuk.

Workshop pun dilaksanakan pada Minggu, 23 Juni 2024. Diikuti oleh 23 alumni, semuanya berjuang selama satu bulan untuk menuntaskan naskah.

"Alhamdulillah, pada hari anak 23 Juli 2024 BWC mengadakan soft launching buku cerita anak Elang Jagoan untuk memeriahkan hari anak nasional, sekaligus menyambut Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-79," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Sekjen IKA UB, Dilan Sawalius Batuparan (Alumni FH UB 1987). Mewakili Ketum IKA UB, Mas Fatah, ia pun mengatakan, “(Elang Jagoan) sangat istimewa. Karena ini (temanya) khusus untuk cerita anak. Sesuatu yang mungkin, saya yakin ikatan alumni yang lain mungkin, kalaupun punya buku nggak akan punya buku seperti yang dimiliki BWC," ucapnya.

Buku cerita anak Elang Jagoan adalah sebuah antologi berisi 28 cerita anak berbasis kearifan lokal, dari beragam daerah di Indonesia. Dengan hadirnya kisah dari berbagai daerah, diharapkan semoga Elang Jagoan tak hanya menyuguhkan cerita, tetapi juga dapat mengenalkan betapa kayanya Nusantara tercinta dengan budaya, suku dan bahasa daerahnya.

Kirana Kejora yang mengawal perjalanan menulis Elang Jagoan yakin buku ini akan mudah diterima di masyarakat. 

"Buku yang bagus, akan temui pembacanya dengan mulus. Elang Jagoan meyakinkan saya, bahwa cerita anak dalam kemasan kekinian dan populer, akan berdampak sangat baik, bagi anak-anak yang butuh buku sebenarnya.”

Meskipun, menulis buku cerita anak bagi sebagian alumni adalah hal baru, tidak menyurutkan semangat mereka untuk menyelesaikan tepat waktu, dan tetap mengikuti arahan mentor, juga editor.

Ketua Kompartemen Kebudayaan IKA UB, Redy Eko Prastyo, mendukung penuh workshop cerita anak Elang Jagoan.

Workshop menulis cerita anak Elang Jagoan yang diselenggarakan Brawijaya Writers Club ini sesuai dengan jargonnya, Mengepakkan Sayap, Membumikan Jiwa dengan Cinta Semesta. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.