Wisata

Melirik Pantai Selayar, Surga Tersembunyi di Pulau Bawean Gresik

Jumat, 18 Juni 2021 - 15:28
Melirik Pantai Selayar, Surga Tersembunyi di Pulau Bawean Gresik Bupati Fandi Akhmad Yani bersama istrinya, Ketua TP PKK Nurul Haromaini Ali Akhmad Yani saat berfoto di Pantai Selayar Bawean (Foto: Akmal/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, GRESIKPulau Bawean di Kabupaten Gresik menyimpan sejuta potensi alam yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah Pantai Selayar yang berada di Desa Sungairujing Kecamatan Sangkapura.

Destinasi yang mendapat juara III Anugerah Wisata Gresik (AWG) 2021 kategori wisata alam ini butuh sentuhan pemerintah utamanya infrastruktur serta fasilitas yang memadai.

Untuk menikmati keindahan Pantai Selayar, pengunjung harus melalui jalan sempit dan berkelok. Namun, ketika sampai langsung terasa kepuasan setelah melihat hamparan air laut membiru, semilir angin, pasir putih, serta bukit yang indah.

"Di sini indah walaupun jalan yang dilalui sulit, ombaknya juga tenang. Ada juga spot foto menambah indah wisata ini. Tiket masuknya pun murah," kata Farih Alamsyah salah satu pengunjung, Jumat (18/6/2021).

Pulau-Bawean-Gresik.jpg

Dia menyatakan selain menikmati panorama alam yang indah, di sekitar Pantai Selayar juga bisa membeli kuliner olahan ikan bandeng serta kelapa muda.

Sepanjang bibir pantai, kata dia  juga dipenuhi deretan pohon mangrove. Banyaknya odaya tarik itu semakin melengkapi modal alam keindahan yang dimiliki Pantai Selayar.

"Jadi semakin betah disini, spot foto alam dan buatan menambah apik. Selain itu banyak warga yang jualan kuliner khas dari ikan tongkol khas Bawean," tuturnya.

Sementara itu saat kunjungan ke Pulau Bawean pekan lalu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyatakan dirinya terus berupaya mempromosikan destinasi wisata yang ada di Gresik, khususnya Bawean.

Di Pantai Selayar, imbuh Bupati Yani sudah dilengkapi sejumlah fasilitas diantaranya  parkir, toilet dan musholla, warung yang juga dilengkapi beberapa gazebo. Beberapa spot foto di sepanjang bibir pantai yang membelakangi Bukit Selayar.

Pantai-Selayar.jpg

"Aset wisata ini sungguh sangat indah. Kami mohon masyarakat disini untuk menjaga dan selalu memberikan perubahan dengan sentuhan sentuhan yang lebih baik. Kumpulkan para anak muda," tambah dia.

Bupati yang biasa disapa Gus Yani ini berencana mengkolaborasikan dengan perguruan tinggi, untuk mengadakan semacam kerjasama pengembangan wisata.

"Kalau bisa bekerja sama dengan akademisi dan perguruan tinggi tentu akan lebih intens karena pihak perguruan tinggi bisa mengirim mahasiswanya ke sini," terangnya 

Kepada seluruh masyarakat terutama yang memiliki asset wisata di desanya, Gus Yani berharap agar semakin tumbuh kesadaran warga untuk menggiatkan pariwisata.

"Bagaimana hasil pertaniannya, hasil lautnya, dan segala produk-produk masyarakat bisa terdistribusi bila kegiatan parisiwata digarap dengan baik dan memberi kenyamanan bagi pengunjung," tutupnya menanggapi keindahan Pantai Selayar di Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. (*)

Pewarta : Akmalul Azmi
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.