Wisata

Kemolekan Wisata Air Kaki Gunung Raung Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

Minggu, 21 Mei 2023 - 05:29
Kemolekan Wisata Air Kaki Gunung Raung Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi Pengunjung sedang mengabadikan dan menikmati momen di Air terjun Telunjuk Raung yang berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. (Foto: Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Banyuwangi merupakan wilayah paling timur Pulau Jawa yang memiliki pesona alam menakjubkan. Mulai dari pantai hingga gunung ada di Banyuwangi.

Di tengah kepopuleran Kemolekan Banyuwangi yang kian meroket, ada sebuah destinasi wisata air menyejukkan dan jernih di pegunungan yang tak boleh dilewatkan. 

Berada dalam satu wilayah kaki Gunung Raung di Kecamatan Songgon Banyuwangi. Inilah dia 3 destinasi wisata air dengan keeksotisan yang dapat menyapu segala kegundahan dengan menyajikan kesejukan bagai tempat relaksasi. (20/5/2023)

1. Air Terjun Telunjuk Raung

Destinasi pertama yaitu Air Terjun Telunjuk Raung. Dinamai seperti itu, karena bentuk alirannya yang tegak lurus menyerupai jari telunjuk dan berada di kaki Gunung Raung. Berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Air terjun ini dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan dari pusat kota Banyuwangi. 

Dengan ketinggian air terjun sekitar 40 Meter menyebabkan aliran airnya cukup deras. Air terjun Telunjuk Raung menyajikan keasrian alam hutan tropis yang begitu rindang. Ditambah mata air bening nan dingin yang berasal dari Gunung, cukup untuk menyegarkan jiwa dan raga.

Dengan hamparan ladang selada air, agaknya air terjun Telunjuk Raung ini punya pemandangan otentiknya sendiri yang berbeda dari air terjun lainnya. Dengan suasana asri dan udara sejuk khas pegunungan, kalian dapat menghabiskan waktu dengan bermain air disana.

Meskipun Telunjuk Raung memiliki debit air yang lumayan deras, pengunjung tidak perlu khawatir karena terdapat kolam alami yang letaknya tidak jauh dari air terjun. Kolam ini berbentuk oval dengan dinding bebatuan yang cocok digunakan untuk berendam. Arus yang tenang serta kedalaman yang hanya sebatas dada orang dewasa menjadikan kolam ini aman untuk dinikmati pengunjung dari segala usia.

Tak hanya kenikmatan alamnya yang tersaji. Terdapat spot-spot foto dengan suguhan landscape alam pegunungan Songgon dengan perkebunan tebunya. Terkini, destinasi wisata air terjun Telunjuk Raung ini punya wajah baru, seperti adanya pendopo atau gazebo-gazebo untuk pengunjung, lalu taman-taman yang sudah tertata apik, ditambah kolam renang buatan untuk mereka yang ingin berendam namun  enggan turun ke Air terjun.

2. Rowo Bayu

Wana-Wisata-Rowo-Bayu.jpgMenikmati suasana kedamaian dan kesejukan di Wana Wisata Rowo Bayu. (Foto : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)
 

Wana Wisata Rowo Bayu merupakan salah satu wisata alam yang kental dengan sejarah dan kisah mistis di Banyuwangi. Rawa yang memiliki pemandangan pohon rindang dengan alam asri tropisnya ini sangat menarik untuk dijelajahi. 

Wisata Rowo Bayu terletak di kawasan petak 8 Forest Resort Songgon, Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. Berada di ketinggian 800 MDPL, membuat wana wisata ini memiliki udara sejuk dan adem, yang mampu membuat tubuh terasa ringan saat menghirup udaranya.

Daya Tarik yang Dimiliki Rowo Bayu Banyuwangi diantaranya yaitu tempat petilasan Prabu Tawang Alun, mata air tidak pernah kering dan tempat yang sarat akan sejarah. Dengan segala suguhannya, benar saja jika wana wisata ini termasuk bagian dari situs budaya Banyuwangi.

Selain petilasan juga terdapat Pura Candi Puncak Agung Macan Putih dan 4 mata air yang diyakini oleh masyarakat sebagai mata air suci. Rawa yang dikelilingi rindang pohon besar membuat kental aura sejarah dicampur kemistisannya.

Begitu asri, alami dan mendamaikan, itulah gambaran dari wisata religi ini. Cocok untuk kalian yang ingin mencari tempat wisata penuh keheningan, jauh dari hiruk pikuk perkotaan, juga sebagai tempat relaksasi yang pas.

3. Air Terjun Lider

Air-Terjun-Lider.jpgPengunjung sedang menikmati Air Terjun Lider yang berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

Terakhir ada wisata Air Terjun Lider. Wisata ini merupakan salah satu objek wisata yang berada di kawasan hutan lindung Petak 74 dengan ketinggian 1.300 Meter Dibawah Permukaan Laut (MDPL) yang berlokasi di Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi. 

Memiliki ketinggian 60 meter, Air Terjun Lider ini bisa dikatakan sebagai air terjun tertinggi dan terindah di Banyuwangi. Bagaimana tidak, suasana hutan lindung yang bahkan seperti tak terjamah, membuat semua ekosistem masih terjaga keasrian dan kealamiannya.

Untuk menuju surga tersembunyi ini, kalian harus berusaha sedikit lebih ekstra. Kalian akan diajak tracking menaklukkan tebing-tebing, menyebrangi sungai, dan melewati kawasan hutan gelap. Namun, semua rasa lelah itu akan terbayarkan dengan pemandangan alam serta gemericik suara air yang akan membuat kalian semakin terpesona dengan tempat ini.

Suasana yang benar-benar ditengah hutan, cocok sekali bagi kalian yang suka berpetualang menikmati alam yang sulit dijamah dengan keelokan ciptaan Yang Maha Esa.

Nah itulah beberapa tempat wisata air yang berada di kaki Gunung Raung Banyuwangi, yang dapat kalian nikmati sembari melepaskan segala resah untuk mendekatkan diri pada alam. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.