https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Cegah Kekerasan Seksual, Vokasi UB Malang Mulai Perkuat Pendidikan Moral dan Karakter ke Mahasiswa Baru

Minggu, 19 Februari 2023 - 13:17
Cegah Kekerasan Seksual, Vokasi UB Malang Mulai Perkuat Pendidikan Moral dan Karakter ke Mahasiswa Baru Pelaksanaan Open House Yuwaraha dan Talent Scouting Mahasiswa di gedung Samantha Krida UB, Minggu (19/2/2023). (Foto: Rizky Kurniawan Pratama/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (Vokasi UB) Malang menggelar Open House Yuwaraha dan Talent Scouting Mahasiswa di gedung Samantha Krida UB, Minggu (19/2/2023).

Acara yang merupakan rangkaian penutup dan pengumuman kelulusan PK2MB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) yang diikuti 1.200 mahasiswa, pihak Advokasi UB juga ingin berfokus pada penguatan karakter dan pendidikan moral bagi setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa baru.

"Peran media sosial kan banyak mempengaruhi karakter anak muda, maka di sini kita kuatkan. Kalau tindak punya karakter kuat, mereka akan terombang-ambing. Oleh karena itu prinsip hidup selaras keyakinan dengan agama mereka yakini, itu yang kita tekankan," ujar Plt Dekan Fakultas Vokasi UB, Prof Dr Unti Ludigdo, Minggu (19/2/2023).

Dalam kesempatan yang sama, Prof Unti juga melantik dan mengukuhkan Ormawa Fakultas Vokasi UB. Organisasi Mahasiswa, lanjut Prof Unti, juga dianggap berperan penting dalam membangun penguatan karakter.

"Kami juga punya banyak lembaga kemahasiswaan. Saya kira itu cukup bisa kembangkan potensi diri, baik akademik maupun minat," ungkapnya.

Dengan adanya kegiatan ini, Prof Unti berharap mahasiswa baru Fakultas Vokasi UB bisa menguatkan jati diri mereka menjadi vokasionwe atau pribadi warga Vokasi UB.

Sementara, Ketua Pelaksana Open House Fakultas Vokasi UB 2023, Fitriana Rakhma Danias menyebut bahwa selain menekankan penguatan karakter, mahasiswa baru ini dilatih berinovasi dan entrepreneur.

"Intinya mahasiswa yang sudah masuk, mereka sudah siap menjadi mahasiswa. Dengan pengetahuan dan sikapnya, karena itu karakter ditekankan," katanya.

Mahasiswa baru ternyata juga diberi pemahaman tentang pendidikan moral, terutama tentang banyaknya kasus kekerasan seksual di kalangan mahasiswa.

Fitriana mengaku, pendidikan di Vokasi UB ini bekerja sama dengan Unit TKSP untuk tindakan preventif atau pencegahan. "Kami memiliki fokus goal besar menjaga moralitas. Jadi kami menyelipkan paparan dari tim unit Layanan Tindak Kekerasan Seksual," tandasnya. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.