Gaya Hidup

Bass Milik Paul McCartney Ditemukan Setelah 51 Tahun Hilang

Senin, 19 Februari 2024 - 01:27
Bass Milik Paul McCartney Ditemukan Setelah 51 Tahun Hilang Bassis The Beatles Paul McCartney.

TIMES JATIM, JAKARTA – Kalau jodoh nggak kemana. Istilah itu rasanya pantas disematkan pada bassis The Beatles Paul McCartney. Sebab ia kembali menemukan bass kesayangannya setelah 51 hilang dicuri orang. 

Situs resmi McCartney menuliskan Hofer 500/1 violin bass milik McCartney yang dicuri pada tahun 1972 telah ditemukan. Situs itu juga tak lupa mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang terlibat menemukannya. 

Bass itu sangat berharga bagi McCartney, soalnya bass itu digunakan saat awal karir bersama The Beatles. Sayangnya bass itu hilang dicuri dari van McCartney di Nothing Hill, London, Oktober 1972. 

McCartney sudah mengerahkan berbagai upaya untuk kembali menemukan bass kesayangannya itu. Namun tak pernah ada hasil. Hingga pada tahun 2018 pihak Hofner sebagai produsen bass membuat project "The Lost Bass Project". 

Tujuannya mengerahkan semua orang untuk menemukan bass milik McCartney. Pencarian terus digalakkan setelah sepasang wartawan Inggris turut membantu. Mereka adalah Scott Jones dan Naomi. 

Tahun 2022 Jones menonton McCartney pada konser festival Glastonbury di Somerset Inggris. Jones ingat akan bass McCartney yang hilang. Jones langsung menghubungi Nick Wass dari  Hofner dan bertanya apa yang bisa mereka lakukan untuk menemukan bass tersebut. 

Paul-McCartney-2.jpg

Akhirnya pasangan wartawan itu mengontak banyak orang. Jonas juga membuat artikel tentang bass McCartney dan dipublis di Sunday Telegraph. 

Dalam pencariannya, setidaknya ada 600 orang yang memberkan petunjuk yang harus diselediki lebih lanjut. Happy ending, bass tersebut ternyata dijual pada pemilik pub di Selatan Inggris, Ronald Guest. 

Pihak Hofner menyebut kondisi bass itu masih baik termasuk sarungnya masih original.  "Memang ada beberapa kerusakan kecil, tapi akan segera diperbaiki sehingga bisa digunakan lagi," pernyataan dari pihak Hofner. 

Bass itu dibeli oleh McCartney di Jerman sekitar tahun 1960-an dengan harga 30 pounds. Kini bass McCartney yang pernah hilang itu ditaksir berharga Rp196,7 miliar. Tapi sepertinya Paul McCartney nggak menjualnya ya, kan bass bersejarah rintisan band legendaris dunia The Beatles. Bass itu dipakai untuk rakaman lagu “Love Me Do,” “She Loves You” dan “Twist and Shout". (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.