https://jatim.times.co.id/
Ekonomi

Pertengahan Bulan Ramadan, Harga Bumbu Dapur Di Pasar Banyuwangi Masih Stabil

Rabu, 27 Maret 2024 - 15:29
Pertengahan Bulan Ramadan, Harga Bumbu Dapur Di Pasar Banyuwangi Masih Stabil Kondisi Pasar Tradisioanal Banyuwangi. (Foto : Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Kabar baik bagi ibu-ibu rumah tangga yang ingin berbelanja kebutuhan memasak untuk menu berbuka. Pasalnya telah memasuki pertengahan bulan suci Ramadan, harga sejumlah komoditas bumbu dapur di Pasar Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur  masih terpantau stabil.

Berdasarkan hasil pantauan petugas pasar Di Banyuwangi, pada Rabu (27/3/2024). Harga untuk komoditas cabai diantaranya Cabai Rawit, masih berada di kisaran harga Rp30.000 per kilogram, sedangkan untuk harga Cabai Merah Besar dijual dengan harga Rp35.000 per kilogram.

Meskipun stabil, harga untuk komoditas cabai memang cenderung lebih fluktuatif naik dan turun. Jika menilik daftar harga komoditas Cabai Rawit di Pasar Banyuwangi melalui Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok di Jawa Timur (Siskaperbapo), harga Cabai Rawit memang cenderung menurun dari yang sebelumnya dihargai Rp32.000 per kilogram pada Selasa 26 Maret 2024. 

Hanya saja, untuk harga Cabai Merah Besar sedikit mengalami kenaikan sebesar Rp3.000. Tercatat pada pada Selasa 26 Maret 2024, harga Cabai Merah dijual di harga Rp32.000 per kilogram.

“Alhamdulilah sementara ini masuk pertengahan bulan ramadan harga komoditas bumbu dapur masih stabil,” kata, staf petugas Pasar Banyuwangi, Arista Lila Candra.

Selain komoditas Cabai yang dapat dikatakan stabil, harga komoditas lain seperti bawang-bawangan juga demikian. Untuk harga Bawang Merah  saat ini berada di kisaran harga Rp28.000 per kilogram, padahal sebelumnya pada 25 Maret, harga Bawang Merah sendiri masih berada di harga tinggi yaitu Rp30.000 per kilogram.

Untuk Bawang Putih saat ini di Pasar Banyuwangi terpantau dijual dengan harga Rp38.000 per kilogram. Sama seperti Bawah Merah, Bawang Putih pada 25 Maret tercatat masih dijual diharga tinggi yaitu Rp40.000 per kilogram, turun sebesar R2.000.

Lalu untuk harga Tomat sendiri sangat stabil hampir tidak ada perubahan harga selama sepekan yaitu Rp20.000 per kilogram. Hanya saja tercatat hari ini harga Tomat naik sebesar Rp2.000 menjadi Rp22.000 per kilogram.

Sejauh ini hingga memasuki pertengahan bulan puasa, harga beberapa komoditas bumbu dapur tidak mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Meski begitu, Arista mengatakan, biasanya kenaikan harga kebutuhan mulai dari daging hingga komoditas bumbu dapur akan tampak terasa sejak satu minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Biasanya akan terasa naiknya harga kebutuhan pokok maupun kebutuhan bumbu dapur sejak seminggu sebelum Lebaran,” tandas Arista. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.