Berita

Puluhan WNA China Datang ke Indonesia, Ini Penjelasan Pihak Imigrasi

Sabtu, 08 Mei 2021 - 13:20
Puluhan WNA China Datang ke Indonesia, Ini Penjelasan Pihak Imigrasi Puluhan warga China masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. (FOTO: ANTARA)

TIMES JATIM, JAKARTA – Puluhan warga negara (WNA) China datang ke Indonesia saat adanya kebijakan larangan mudik lebaran. Hal ini jelas memunculkan pertanyaan besar di masayarakat. Terkait hal ini, Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Jhoni Ginting menjelaskan, WNA China masuk ke Indonesia untuk bekerja di Proyek Strategis Nasional (PSN), bukan untuk tujuan wisata.

"Kami sampaikan bahwa mereka (warga China) yang datang telah memperoleh rekomendasi dari instansi terkait dan akan bekerja di proyek strategis nasional, bukan untuk tujuan wisata," katanya dalam keterangan tertulis, yang diterima Sabtu (8/5/2021).

Jhoni menegaskan, dari awal penanganan setiap warga negara asing, termasuk warga China yang datang ke Indonesia telah mengikuti aturan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Petugas Imigrasi tidak akan memberikan izin masuk jika para WNA tidak lulus pemeriksaan kesehatan oleh petugas.

Hal itu jelas termaktub dalam Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 26 Tahun 2020 tentang Visa dan Izin Tinggal dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru dan Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019.

Sampai saat ini, aturan pelarangan masuk bagi WNA selama masa pandemi Covid-19 masih berlaku. Kedatangan warga asing ke Tanah Air hanya diizinkan untuk tujuan esensial seperti bekerja di proyek strategis nasional dan objek vital, penyatuan keluarga, bantuan medis dan kemanusiaan, serta kru alat angkut.

Diketahui sebelumnya, sebanyak 85 WNA China masuk ke Indonesia menggunakan pesawat carter pada 4 Mei lalu. Selain itu, ada tiga WNI yang tiba di RI dengan pesawat yang sama.

85 WNA China dan 3 WNI itu tiba di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (4/5/2021), pukul 14.55 WIB. Puluhan WNA China dan 3 WNI itu menjalani pemeriksaan oleh pihak KKP Kemenkes. (*)

Pewarta : Moh Ramli
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.