Berita

Kursi DPRD Kota Probolinggo Dapil IV Kedopok Didominasi Petahana

Kamis, 22 Februari 2024 - 22:26
Kursi DPRD Kota Probolinggo Dapil IV Kedopok Didominasi Petahana Ilustrasi. (Ilustrator: Taufiq/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGORekapitulasi surat suara di Kecamatan Kedopok telah rampung pada Rabu (22/2/2024) malam. Dari hasil formulir D, terungkap enam partai politik yang meraih suara tertinggi di Daerah Pemilihan (Dapil) IV tersebut.

Partai Golkar menempati posisi teratas dengan 5.060 suara, disusul oleh PKB dengan 4.883 suara, Partai NasDem dengan 4.860 suara, PKS dengan 4.253 suara, PDI Perjuangan dengan 1.766 suara, dan Partai Gerindra dengan 799 suara.

Menurut data resmi dari KPU Kota Probolinggo untuk Dapil IV Kedopok, terdapat 104 TPS dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 27.516 pemilih.

Para calon legislatif dari berbagai partai politik akan bersaing merebutkan 5 kursi DPRD Kota Probolinggo.

Penentuan kursi, termasuk partai mana yang berhak mendapatkan kursi, akan dilakukan melalui metode Sainte-Lague yang diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum.

Hasilnya menunjukkan bahwa lima partai itu akan mendapatkan masing-masing 1 kursi, yakni Partai Golkar, PKB, NasDem, PKS, dan PDI Perjuangan.

Selain itu, dari perolehan suara per calon legislatif, yang berpotensi menduduki kursi DPRD Kota Probolinggo Dapil IV Kedopokadalah Fernanda Zulkarnain dari Partai Golkar dengan perolehan 2.359 suara.

Kemudian, disusul Nur Hudana dari PKB dengan 3.183 suara, Ellyas Aditiawan dari Partai NasDem dengan 2.863 suara, Dasno dari PKS dengan 2.498 suara, dan Santi Wilujeng dari PDI Perjuangan dengan 1.057 suara.

Dari kelima calon legislatif tersebut, dominasi petahana terlihat cukup kuat. Namun, Dasno dari PKS dan Santi Wilujeng dari PDI Perjuangan menjadi wajah baru yang berpotensi menduduki kursi legislatif. (*)

Pewarta : Rizky Putra Dinasti
Editor : Ryan Haryanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.