https://jatim.times.co.id/
Berita

DPP Ngawi Gandeng TP PKK, Sosialisasikan Daging ASUH Layak Konsumsi

Selasa, 29 November 2022 - 18:36
DPP Ngawi Gandeng TP PKK, Sosialisasikan Daging ASUH Layak Konsumsi Sosialisasi daging ASUH, DPP Ngawi gandeng TP PKK Kabupaten Ngawi. (FOTO: Miftakul/TIMES Indoensia)

TIMES JATIM, NGAWI – Daging yang terlihat menggiurkan belum tentu layak untuk dikonsumsi. Ada beragam prasyarat, hingga daging layak untuk disajikan sebagai menu makanan. Agar masyarakat kian paham mengenai hal itu, Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi (DPP Ngawi) menyelenggarakan sosialisasi daging ASUH kepada puluhan tim penggerak PKK (TP PKK) kabupaten dan kecamatan, pada Selasa (29/11/2022).

Istilah daging ASUH merujuk pada syarat aman, sehat, utuh, dan halal. Empat syarat itu menjadi hal yang penting, agar masyarakat tetap aman dalam mengonsumsi olahan daging.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi Bonadi mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya sosialisasi daging ASUH itu agar masyarakat kian paham tentang persyaratan higiene-sanitasi penyediaan pangan asal hewan. Termasuk untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengendalian Zoonosis atau penyakit pada hewan yang bisa menular pada manusia.

TP-PKK-Ngawi-Ana-Mursyida.jpgKepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngawi, Bonadi. (FOTO: Dokumentasi/TIMES Indonesia)

“Sosialisasi daging ASUH perlu disampaikan kepada masyarakat. Sebab daging sebagai sumber protein hewani merupakan produk yang mudah terkontaminasi, sehingga perlu penanganan khusus,” Kata Bonadi kepada Times Indonesia.

Bonadi menjelaskan, agar daging terjaga kualitasnya hingga layak untuk dikonsumsi, maka harus terpenuhi syarat ASUH. Dia bilang, daging harus aman dari bibit penyakit, racun, mikrotoksin, residu obat dan hormon, cemaran logam berat, pestisida, dan unsur-unsur lain yang dapat menggangu kesehatan manusia.

Kemudian, daging juga harus sehat. Yaitu layak konsumsi, tidak ada penyakit bawaan hewan yang membahayakan kesehatan. Selain itu, daging juga harus utuh, tidak dicampur atau dioplos dengan daging hewan jenis lain.

Ana-Mursyida.jpgKetua TP PKK Ngawi, Ana Mursyida. (FOTO: Dokumentasi/TIMES Indonesia)

“Daging hewan juga halal. Disembelih dan ditangani dengan tata cara sesuai dengan syariat agama Islam ,” Ucap Bonadi.

Sosialisasi daging ASUH, DPP Ngawi menggandeng TP PKK. Diharapkan melalui sosialisasi tersebut, informasi yang didapatkan oleh para kader dapat kemudian diteruskan hingga kepada masyarakat yang ada di desa.

“Sehingga wawasan ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari–hari masyarakat, dalam hal menyediakan makanan berbahan asal hewan khususnya daging,” papar Bonadi, kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Ngacai.

Sementara itu, ketua TP PKK Kabupaten Ngawi, Ana Mursyida mengungkapkan, pihaknya mendukung penuh upaya DPP untuk memberikan pemahaman mengenai daging ASUH kepada masyarakat. Untuk itu, pasca mengikuti sosilisasi dari DPP Ngawi, akan ditindaklanjuti dengan sosialisasi serupa dari TP PKK Kecamatan hingga kepada dasawisma.

"Karena memang akhir-akhir ini sempat marak mengenai PMK (penyakit mulut dan kuku), masyarakat juga khawatir untuk mengonsumi daging. Kerjasama dengan DPP Ngawi, kami harap sosialisasi bisa sampai bawah, dan masyarakat bisa semakin paham ciri-ciri daging yang aman dikonsumsi," kata Ana Mursyida.

Ana Mursyida berpandangan, dengan masyarakat paham mengenai daging yang sehat, tidak hanya menjamin kelayakan dan keamanan untuk dikonsumsi. Akan tetapi juga akan berdampak pada kesejahteraan para peternak. Sebab peternak sempat mengalami kerugian, saat harga sapi anjlok karena wabah PMK.

"Diharapkan bisa sama-sama untung. Peternak untung, masyarakat juga akan nyaman dan aman dalam mengkonsumsi daging. Kami harap daging ASUH bisa segera tersosialisasikan kepada masyarakat dengan baik, dan hasil akhirnya, konsumsi protein hewani di Kabupaten Ngawi bisa semakin meningkat," papar Ana Mursyida Ketua TP PKK Kabupaten Ngawi, usai sosialisasi daging ASUH di Dinas Perikanan dan Peternakan Ngawi. (*)

Pewarta : Muhammad Miftakul Falakh
Editor : Bambang H Irwanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.