https://jatim.times.co.id/
Berita

Pemkab Pacitan Dorong Penyedia Sesuaikan Diri dengan E-Katalog Versi 6

Sabtu, 26 Oktober 2024 - 09:00
Pemkab Pacitan Dorong Penyedia Sesuaikan Diri dengan E-Katalog Versi 6 Kepala Bagian UKPBJ Sekretariat Daerah (Setda) Pacitan, Sigit Prabowo. (Foto: Rojihan/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PACITAN – Kepala Bagian Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Pacitan, Sigit Prabowo, mengimbau para penyedia barang dan jasa agar segera beradaptasi dengan sistem baru e-Katalog versi 6 yang akan segera diberlakukan.

Pembaruan e-Katalog ini membawa sejumlah fitur tambahan yang diharapkan mampu meningkatkan transparansi, efisiensi, dan manfaat bagi masyarakat.

Salah satu fitur unggulan dalam e-Katalog versi 6 adalah proses negosiasi yang lebih terbuka. Berbeda dari versi sebelumnya, fitur ini memungkinkan semua penyedia dapat melihat persaingan harga secara langsung.

Transparansi ini diharapkan menciptakan kompetisi yang sehat di antara para penyedia sehingga Pemkab Pacitan dapat memperoleh harga yang lebih kompetitif.

“Dengan adanya fitur ini, para penyedia dapat membandingkan harga yang ditawarkan oleh kompetitor lain, yang diharapkan mampu mendorong harga terbaik yang menguntungkan pemerintah daerah,” jelas Sigit, Sabtu (26/10/2024).

Membangun Ekosistem Pengadaan yang Lebih Baik

Sigit menegaskan bahwa Pemkab Pacitan sangat mendukung e-Katalog versi 6 sebagai salah satu langkah menciptakan ekosistem pengadaan yang lebih baik. Sistem pengadaan ini dirancang agar lebih transparan dan akuntabel, sehingga mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat Pacitan.

“Pemerintah pusat mengimplementasikan perubahan ini untuk mewujudkan ekosistem pengadaan yang lebih akuntabel dan memberi manfaat maksimal bagi masyarakat,” ujar Sigit.

Pemkab Pacitan berharap, dengan adanya sistem pengadaan yang lebih terbuka, proses belanja daerah dapat berjalan sesuai standar kualitas dan harga yang wajar. Langkah ini juga dinilai efektif dalam memperbaiki kualitas pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemkab Pacitan.

Transparansi dan Akuntabilitas Melalui e-Katalog

Dengan kehadiran e-Katalog, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di lingkungan Pemkab Pacitan memiliki keleluasaan dalam memilih penyedia yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, sesuai dengan standar regulasi dan kualifikasi.

Dalam penerapannya, Pemkab Pacitan berkomitmen untuk melakukan pendampingan pada setiap tahap pengadaan guna memastikan sistem berjalan sesuai aturan.

Namun, Sigit mengingatkan semua pihak untuk menjaga integritas dalam proses pengadaan.

“Kami berharap agar dengan adanya transparansi ini, tidak ada praktik yang merugikan negara atau masyarakat. Akuntabilitas dan transparansi harus tetap diutamakan dalam setiap proses pengadaan barang dan jasa,” tegasnya.

Harapan untuk Pacitan yang Lebih Transparan

Sistem e-Katalog versi 6 diharapkan menjadi solusi bagi Pemkab Pacitan dalam menghadapi berbagai tantangan pengadaan barang dan jasa.

Fitur negosiasi terbuka memungkinkan adanya pemantauan yang lebih mudah oleh berbagai pihak berkepentingan sehingga tercipta ekosistem pengadaan yang lebih transparan dan kompetitif.

“Di tahun 2025, kami harapkan sistem ini dapat diimplementasikan sepenuhnya, sehingga ekosistem pengadaan di Pacitan menjadi lebih transparan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat,” pungkas Sigit. (*)

Pewarta : Rojihan
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.