TIMES JATIM, SURABAYA – Kinerja Polres Magetan kembali mendapat pengakuan nasional. Dalam ajang Penilaian dan Evaluasi Kinerja Penyelenggara Pelayanan Publik (PEKPPP) Tahun 2024, satuan kepolisian yang berada di bawah naungan Polda Jawa Timur ini berhasil meraih penghargaan Pelayanan Prima, sebuah capaian bergengsi dalam lingkungan Polri.
Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kepada Kapolres Magetan, AKBP Raden Erik Bangun Prakasa dalam forum Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Polri yang berlangsung di Gedung Mutiara PTIK, Jakarta Selatan, Kamis (19/6/2025).
Dengan mengusung tema “Polri Presisi Mendukung Peningkatan Produktivitas, Swasembada Pangan, Energi dan Ekonomi Inklusif,” Musrenbang tahun ini menjadi momentum evaluasi serta apresiasi terhadap satuan kerja Polri yang dinilai berhasil menjalankan reformasi birokrasi dan inovasi pelayanan publik.
Salah satu yang mencuri perhatian adalah Polresta Magetan. Di bawah kepemimpinan AKBP Raden Erik Bangun Prakasa, Polres Magetan diganjar penghargaan Pelayanan Prima.
Kapolres Magetan, AKBP Raden Erik Bangun Prakasa, mengaku bersyukur atas pencapaian ini. Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.
"Kami sangat bersyukur atas penghargaan ini. Ini adalah bentuk apresiasi sekaligus pemicu semangat kami untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan kepolisian," ujar Erik kepada TIMES Indonesia, kamis (19/6/2025).
Penghargaan Pelayanan Prima yang diraih Polres Magetan bukanlah hasil instan. Dalam proses evaluasi PEKPPP, terdapat sejumlah indikator ketat yang dijadikan acuan, seperti kebijakan pelayanan publik, profesionalisme sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana, sistem informasi, mekanisme konsultasi dan pengaduan, hingga inovasi pelayanan publik.
Berdasarkan evaluasi tersebut, Polres Magetan meraih indeks kinerja 4,52, yang menempatkannya dalam kategori A atau Pelayanan Prima.
"Ini menunjukkan komitmen kami untuk menghadirkan layanan yang responsif, transparan, dan akuntabel kepada masyarakat," tambah Erik.
AKBP Erik menegaskan bahwa jajarannya tidak akan berpuas diri. Sebaliknya, penghargaan ini akan dijadikan momentum untuk terus berbenah dan melakukan inovasi layanan.
"Kami akan terus berupaya maksimal dalam memberikan pelayanan terbaik, sejalan dengan semangat Polri Presisi dan program Polri untuk Masyarakat," tegasnya.
“Semangat kami adalah melayani, bukan dilayani. Karena itulah, peningkatan mutu layanan bukan sekadar target, tetapi bagian dari tanggung jawab kami kepada masyarakat,” pungkas AKBP Raden Erik.
Kapolres Magetan juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung perjalanan dan transformasi di Polres Magetan. AKBP Erik menyebut penghargaan ini bukan hanya hasil kerja keras internal kepolisian, tetapi juga buah dari sinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat Magetan.
“Kami mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan motivasi dari Kapolri, Kapolda Jawa Timur serta seluruh anggota Polres Magetan dan jajaran, Forkopimda serta tentunya masyarakat Kabupaten Magetan,” kata Erik.
Menurutnya, penghargaan ini menjadi pemicu semangat bagi seluruh anggota Polres Magetan untuk terus melakukan inovasi, evaluasi, dan peningkatan kualitas layanan publik secara berkelanjutan.
“Capaian ini menjadi kado istimewa bagi masyarakat Magetan menjelang Hari Bhayangkara ke-79. Harapan kami, Polres Magetan dapat semakin dekat dan relevan bagi masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” pungkas AKBP Raden Erik. (*)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di TIMES Indonesia dengan judul: Polres Magetan Raih Predikat Pelayanan Prima, Komitmen Tingkatkan Kualitas Layanan Publik
Pewarta | : Rudi Mulya |
Editor | : Deasy Mayasari |