https://jatim.times.co.id/
Berita

BFSU, KBRI, hingga PCINU Beijing China Dukung Unisma Jadi World Class University

Jumat, 24 Mei 2024 - 16:10
BFSU, KBRI, hingga PCINU Beijing China Dukung Unisma Jadi World Class University Delegasi Unisma saat melakukan penandatanganan MoA dengan BFSU China. (Foto: Humas Unisma for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Dalam upayanya untuk menjadi kampus kelas dunia, ada banyak upaya yang telah dilakukan oleh Universitas Islam Malang (Unisma). Salah satunya dengan menjalin kerja sama dengan berbagai kampus di berbagai negara. Terbaru, Unisma meneken kerja sama dengan Beijing University of Foreign Studies (BFSU) China.

Untuk memperkuat upaya kerjasama tersebut, delegasi Unisma yang dipimpin oleh Rektor Prof Dr Maskuri, MSi, mendatangi secara langsung BFSU China, untuk melakukan penandatangan MoA antara Unisma dan BFSU China, Rabu (22/5/2024).

Prof Maskuri menjelaskan, kerja sama ini mencakup empat bidang. yaitu academic research, international training, international conference, dan international cooperation.

"BFSU memiliki minat studi 101 bahasa di dunia,  membuka peluang bagi mahasiswa Unisma Malang bisa belajar di BFSU selama dua minggu hingga satu semester. Juga melalui program kebudayaan, hingga ada ide untuk membuka China Corner di Unisma Malang sebagai program pilihan," ucapnya.

Di saat yang sama, juga diadakan penandatangan kerja sama dengan PCINU Tiongkok yang diwakili oleh cicit dari Almaghfurlah Kyai Wahab Hasbullah, Aulia Alvi Laila Camali Camalica, salah satu pendiri NU.

MoU ini untuk menegaskan bahwa Unisma Malang sangat memegang teguh peran sebagai kampus terbaik NU dengan selalu bersinergi dengan PCINU di luar negeri dalam penguatan nilai-nilai ahlussunah wal jamaah, yang terdiri atas tawassud, tawazzun, tasammuh, ta'addul, ta'awun, musyawa dan amar ma'ruf nahi munkar di dunia internasional.

Delegasi-Unisma-2.jpg

"Dengan kerja sama ini kita bisa menjadikan PCINU Tiongkok sebagai partner dalam kegiatan penelitian, dan pengabdian masyarakat," imbuhnya.

Kunjungan  berlanjut ke KBRI Tiongkok. Disana para delegasi Unisma ditemui oleh  koordinator fungsi Pensosbud, RR Dewi Avilia. Dalam kesempatan itu delegasi Unisma berbagi ide dengan pihak KBRI terkait dengan pertukaran budaya, terutama pendirian rumah budaya.

Unisma diundang untuk berkontribusi di Rumah Budaya yang dikelola oleh pihak KBRI. Di samping itu KBRI membuka jalan seluas-luasnya bagi Unisma untuk bisa mengirimkan mahasiswa belajar di China.

"Diharapkan  mereka nantinya berperan sabagai duta Indonesia di negara-negara di dunia. Di Sisi lain, dengan kunjungan ke KBRI China akan memperlancar Unisma untuk menjalin perguruan tinggi di Jepang," tutur Rektor.

Dijelaskan bahwa kunjungan ke China kali ini, selain peningkatan Tridharma Perguruan Tinggi, juga mengemban misi budaya sebagai salah satu kampus di Indonesia yang aktif untuk mengenalkan budaya Indonesia.

"Semua aktivitas ini untuk meneguhkan Unisma mewujudkan milestone Entrepreneural University menuju World Class University di 2027 mendatang," pungkasnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.