https://jatim.times.co.id/
Berita

Mengenal Tugas Profiler di Kepolisian, Seperti Pekerjaan Han Suk Kyu dalam Drama Doubt

Jumat, 25 Oktober 2024 - 02:31
Mengenal Tugas Profiler di Kepolisian, Seperti Pekerjaan Han Suk Kyu dalam Drama Doubt Still cut drama Doubt (Foto: instagram.com/mbcdrama_now)

TIMES JATIM, JAKARTA – Jika di Kepolisian kita sebatas mengenal polisi lalu lintas dan polisi kriminal, namun ternyata ada lho yang sebagai profiler. Profiler sendiri memang masuk dalam kepolisian bidang kriminal, namun tugasnya lebih spesifik. Doubt drama Korea terbaru kembali mengenalkan profesi profiler di kepolisian.

Profiler

Profiler merupakan profesi khusus di kepolisian yang bertugas menganalisis dan investigasi kriminal. Seorang profiler juga menyusun dan membandingkan data dari kejahatan dan pelaku yang serupa untuk membuat profil tersangka. 

Tak hanya bukti empiris yang terpampang di TKP (Tempat Kejadian  Perkara) namun juga bukti lainnya dengan melakukan hipotesis logis bersadarkan laporan saksi, kesaksian korban dan bukti pendukung lainnya.

Berdasarkan data-data yang dikumpulkan, profiler bisa menunjukkan bahwa seseorang itu terduga maupun tersangka pelaku kejahatan.  

Tidak semua polisi bisa menjadi seorang profiler. Selain pengalaman, seorang profiler biasanya dipilih dari mereka yang punya latar belakang pendidikan psikologi, peradilan pidana, forensik, dan ilmu perilaku. 

Profiler juga wajib menguasai ilmu komunikasi verbal maupun tulis. Punya kemampuan intuisi serta kemampuan analitis yang cermat. 

Wah syulit juga ya menjadi seorang profiler. 

Still-cut-drama-Doubt.jpgStill cut drama Doubt (Foto: instagram.com/mbcdrama_now)

Drama Doubt

Lebih sulit dan rumit bagi seorang Han Suk Kyu. Dalam drama barunya Doubt, ia memerankan seorang profiler kepolisian bernama Jang Tae Su. Ia tengah memburu pembunuh berantai, namun semua bukti-bukti mengarah pada anak perempuannya Jang Ha Bin.

Sebagai profesional, ia ingin menyadarkan anaknya untuk segera menyerahkan diri pada polisi. Tujuannya supaya tidak dijatuhi hukuman terlalu berat. 

Namun Jang Ha Bin menolak, karena sang ayah tidak dapat membuktikan dirinyalah pelaku pembunuhan. Di sisi lain, detektif dari kriminal 1 dan 3 terus mencari pelaku pembununhan. 

Menariknya pembunuhan itu tidak meninggalkan jejak apapun kecuali darah yang berceceran di sebuah gedung tua di tengah hutan. Bahkan korbannya pun tidak ada. 

Pencarian korban terus dilakukan, tapi polisi malah menemukan kerangka manusia yang diperkirakan sudah lebih dari 5-10 tahun terkubur. 

Sebagai profiler Jang Tae Su menganggap dirinya yang paling tahu siapa pelaku pembunuhan ini. Namun karena semua bukti mengarah pada Jang Ha Bin, ia pun membiarkan polisi terus mencari. Sementara ia juga terus mencari bukti lain yang meringankan bukti bahwa anaknyalah si pelaku. 

Still-cut-drama-Doubt-a.jpgStill cut drama Doubt (Foto: instagram.com/mbcdrama_now)

Penyelidikan makin sulit, karena hubungan bapak anak ini tidak baik. Hubungan mereka memburuk setelah adik dan ibu Jang Ha Bin meninggal dunia. Namun yang jadi pertanyaan, siapakah yang membununh adik dan ibunya. Sebab Jang Ha Bin pernah berkata pada sang ayah "Ayah kira adik meninggal karena kecelakaan? Ayah kira ibu meninggal karena bunuh diri?" 

Pertanyaan itu masih menjadi misteri hingga penayangan episode 4.

Drama ini sangat menarik untuk diikuti. Meski terkesan lambat, namun sutradara tahu batul bangaimana mengaduk emosi penonton sekaligus mengajak penonton ikut menjadi profiler dadakan, alias ikut berfikir dan penasaran. 

Setiap episodenya selalu ada kejutan yang tidak terpikirkan oleh penonton. Pokoknya seru menegangkan. 

Doubt merupakan drama misteri thiller psikologis yang disutradarai oleh Song Yeon Hwa dan naskahnya ditulis oleh Han Ah Young. Dibintangi oleh Han Suk Kyu, Chae Won Bin, Han Su Ah, Han Ye Ri dan Jae Won Roh. Anda dapat saksikan Doubt di Vidio dan Netflix. (*)

Pewarta : Dhina Chahyanti
Editor : Dhina Chahyanti
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.