https://jatim.times.co.id/
Berita

Inspeksi Pompanisasi Program PAT di Kabupaten Probolinggo

Senin, 09 September 2024 - 10:44
Inspeksi Pompanisasi Program PAT di Kabupaten Probolinggo Inspeksi Pompanisasi Program PAT di Kabupaten Probolinggo. (FOTO: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, PROBOLINGGO – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan mengatakan, program Perluasan Areal Tanam (PAT) saat ini menggalakkan salah satunya program pompanaisasi. Program ini bertujuan untuk menyediakan  air hingga ke lahan sehingga dapat mewujudkan perluasan areal tanam.

“Kami mendorong sepenuhnya pompanisasi untuk peningkatan produksi dan perluasan areal tanam,” katanya.

Inspeksi-Pompanisasi-Program-PAT-2.jpg

Senada dengan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti menyebutkan, PAT menjadi solusi cepat dalam memitigasi kekeringan akibat El Nino.

Tim dari Kementerian Pertanian (Kementan) bersama Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, melakukan inspeksi lapangan untuk mengecek operasional alat pompanisasi yang telah beroperasi dalam Program Perluasan Areal Tanam (PAT) dan Irigasi Pompanisasi (Irpom), Minggu (8/9/2024).

Kegiatan yang berlangsung dari pagi hingga sore hari bertujuan untuk memastikan alat bantu yang diberikan dapat berfungsi optimal dan membantu petani dalam menghadapi masalah pengairan lahan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Amel dan Eko selaku PPL dan Koordinator Kecamatan Gending, yang berperan penting dalam membantu tim untuk memeriksa alat-alat bantuan. Hasil inspeksi menunjukkan bahwa beberapa pompa irigasi sudah beroperasi dengan baik, sementara beberapa lainnya masih mengalami kendala teknis, khususnya terkait masalah kelistrikan, yang menyebabkan alat tidak dapat digunakan secara maksimal.

Program PAT Pompanisasi yang dicanangkan oleh Kementan sangatlah penting bagi ketahanan pangan Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan memperluas lahan tanam dan memaksimalkan penggunaan sumber daya air, terutama di daerah yang mengalami kekeringan atau lahan tadah hujan seperti di Kecamatan Gending.

Pompanisasi merupakan solusi irigasi yang sangat diandalkan oleh petani di wilayah ini. Namun, masalah kelistrikan yang masih menghambat beberapa unit pompa membuat tim bersama PPL setempat akan segera berkoordinasi untuk menyelesaikan kendala tersebut, sehingga seluruh alat dapat berfungsi dan membantu petani dalam mengairi lahan mereka.

"Ini menjadi sangat penting untuk ketahanan pangan, karena pengairan yang baik akan mendukung produktivitas pertanian. Kami akan terus memastikan alat-alat ini beroperasi agar para petani dapat terbantu dan hasil panen dapat meningkat," ujar salah satu anggota tim inspeksi.

Dengan adanya Program PAT dan Irpom, diharapkan petani di Kecamatan Gending dan sekitarnya dapat mengatasi tantangan air irigasi, sehingga produksi pangan tetap stabil dan mendukung ketahanan pangan nasional. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.