https://jatim.times.co.id/
Berita

Misteri Teka-teki Politik GP Ansor dan Banser Banyuwangi Menjelang Pilkada!

Sabtu, 27 April 2024 - 22:30
Misteri Teka-teki Politik GP Ansor dan Banser Banyuwangi Menjelang Pilkada! Ketua Tanfidz DPC PKB Banyuwangi, KH. Abdul Malik Syafaat, menyerahkan berkas pendaftaran kepada Wakil Ketua PC Ansor Banyuwangi, Ahmad Badawi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES JATIM, BANYUWANGI – Teka-teki politik semakin menghangat di Banyuwangi menjelang Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banyuwangi 2024 (Pilkada Banyuwangi 2024) yang akan dilaksanakan pada bulan November mendatang.

Kali ini, sorotan tertuju pada Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) dan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser) Banyuwangi saat mendatangi kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Banyuwangi, untuk mengambil formulir pendaftaran Pilkada, Sabtu, (27/4/2024).

“Formulir ini sebagai langkah awal kami yang nantinya akan ditindak lanjuti dengan rapat konsolidasi organisasi dan anggota untuk menentukan pasangan calon bupati dan wakil bupati yang kita usung,” kata Wakil Ketua PC Ansor Banyuwangi, Ahmad Badawi, usai mengambil formulir pendaftaran di DPC PKB Banyuwangi. 

Dalam politik lokal, dukungan dari organisasi-organisasi keagamaan dan pemuda seperti GP Ansor dan Banser dianggap memiliki pengaruh signifikan. Namun, hingga saat ini, kedua organisasi tersebut masih belum menentukan sikap bentuk dukungan terhadap siapa.

Ahmad Badawi menjelaskan, bahwa untuk nama paslon yang akan diusung bisa jadi dari nama yang saat ini telah beredar. Bahkan bisa juga muncul nama kandidat baru, baik dari eksternal maupun internal organisasi.

“Untuk nama secara spesifik nanti dulu ya, nanti ada dalam rapat konsolidasi,” ujarnya.

Badawi menegaskan, usulan dari kader GP Ansor dan Banser Banyuwangi akan menjadi masukan penting untuk menentukan siapa kandidat yang akan diusung. 

“Sementara ini usulan yang paling kuat yaitu dari internal kader GP Ansor dan Banser Banyuwangi harus ada yang menjadi calon,” jelasnya.

Meski belum menentukan sikap secara spesifik, namun kedua organisasi telah memasak beberapa nama untuk diusung baik dari internal dan eksternal.

Badawi mengungkapkan, pihaknya akan mengumumkan nama kandidat yang akan diusung paling lambat 1 Mei 2024. Hal ini sesuai dengan batasan terakhir pengumpulan formulir pendaftaran DPC PKB Banyuwangi.

Selain berkonsolidasi dengan PKB, GP Ansor dan Banser Banyuwangi juga berencana akan melakukan konsolidasi dengan partai lain. 

“Pasti kami juga akan berkonsolidasi dengan partai lainnya, karena untuk membangun Banyuwangi itu harus gotong royong,” kata Badawi. 

Untuk diketahui, kedatangan GP Ansor dan Banser Banyuwangi di kantor DPC PKB Banyuwangi, disambut hangat oleh Ketua Tanfidz DPC PKB Banyuwangi, KH. Abdul Malik Syafaat, yang akrab disapa Gus Malik. (*)

 

Pewarta : Fazar Dimas 

 

Editor : 

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.