Berita

Kementerian PUPR RI: Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Ditargetkan Selesai Maret 2021

Senin, 01 Maret 2021 - 22:18
Kementerian PUPR RI: Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran Ditargetkan Selesai Maret 2021 Ilustrasi - Pembangunan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (FOTO: Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR RI)

TIMES JATIM, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR RI) tengah menyelesaikan tahap akhir pembangunan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,19 Km. 

Ruas tol ini merupakan salah satu dari 6 ruas Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) yang dibangun untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). 

Tol-Cengkareng-Batuceper-Kunciran-2.jpg

Menteri PUPR RI Basuki Hadimuljono mengatakan, kehadiran jalan tol yang terhubung dengan kawasan-kawasan produktif akan dapat mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. 

Progres konstruksi Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran saat ini telah mencapai 93,06 % dan ditargetkan selesai Maret 2021. Ruas tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng (JKC) dengan nilai investasi sebesar Rp 1,96 triliun. 

Pembangunan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran terbagi menjadi 4 Seksi, yaitu Seksi I (Kunciran – Tirtayasa) sepanjang 2,04 Km, Seksi II (Tirtayasa–Benteng Betawi) sepanjang 3,52 Km. Kemudian Seksi III (Benteng Betawi–H.Sastranegara) sepanjang 6,57 Km, dan yang terakhir Seksi IV (H.Sastranegara–SS Benda) sepanjang 2,06 Km.

Tol-Cengkareng-Batuceper-Kunciran-3.jpg

Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran akan dilengkapi 5 Gerbang Tol (GT), yakni GT Kunciran, GT Tirtayasa, GT Buaran Indah, GT Tanah Tinggi, dan GT Husein Sastranegara. Selain itu juga dilengkapi juga 3 Simpang Susun (SS) yaitu SS Kunciran, SS Belendung, dan SS Benda. 

Dukungan ruas tol ini adalah untuk memperlancar lalu lintas/memangkas waktu perjalanan, sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi pada aglomerasi Megapolitan Jabodetabek, sekaligus mengurangi beban lalu lintas Jalan Tol JORR I yang semakin padat setiap harinya. 

Selain Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, ruas tol 6 Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR II) lainnya adalah Jalan Tol Kunciran-Serpong (11,4 Km), Jalan Tol Serpong-Cinere (10,14 Km), Jalan Tol Cinere-Jagorawi (14,70 Km), Jalan Tol Cimanggis-Cibitung (26,18 Km), Jalan Tol Cibitung - Cilincing (34,02 Km). 

Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran yang sedang dibangun Kementerian PUPR RI ini nantinya juga akan tersambung dengan Jalan Tol Kunciran-Serpong yang sudah beroperasi dan diresmikan oleh Presiden Jokowi sejak Desember 2019 lalu. Selain itu juga diharapkan menjadi akses tol alternatif menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan wilayah sekitarnya. (*)

Pewarta :
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.