https://jatim.times.co.id/
Wisata

Disebut Sebagai Negara Paling Bahagia di Asia, Ini Fakta Tentang Bhutan

Selasa, 01 Maret 2022 - 17:22
Disebut Sebagai Negara Paling Bahagia di Asia, Ini Fakta Tentang Bhutan Bhutan (FOTO: lostwithpurpose.com)

TIMES JATIM, JAKARTA – Sejatinya kebahagiaan tercipta ketika diri sendiri mengusahakannya, namun dalam praktiknya faktor lingkungan juga menjadi salah satu faktor pemicu kebahagiaan itu. Dan Bhutan dinobatkan menjadi negara paling bahagia di Asia.

Bhutan adalah sebuah negara kecil di Asia Selatan antara Tiongkok dan India yang dikenal dengan sebutan Negeri Naga Guntur. Simak fakta-fakta tentang Bhutan berikut ini:

1. Negara Berbentuk Kerajaan dengan Populasi Penduduk Sebanyak 790 Ribu Jiwa

Populasi penduduk yang tidak mencapai 1 juta jiwa sangat berperan penting terhadap kelestarian lingkungan sekitar, dengan minimnya penduduk maka, tidak memerlukan banyak lahan untuk dijadikan sebagai tempat tinggal. Sehingga ruang terbuka hijau dan alam tetap terjaga.

2. Raja Keempat Bhutan Mempelopori Sistem Gross National Happiness

Gross National Happiness mengukur tingkat kebahagiaan suatu negara yang dinilai dari beberapa aspek, yaitu aspek subjektif, spiritual, kesehatan, dan ekonomi

3. Tidak Memiliki Sistem Lalu Lintas

Karena hanya memiliki penduduk yang sedikit dan minimnya transportasi modern disana, maka sistem lalu lintas tidak dibutuhkan. Dengan demikian masyarakat disana dapat hidup dengan nyaman dan aman, tidak perlu takut akan terjadi kecelakaan dan polusi suara yang memekakan telinga, serta menimbulkan stress.

4. Hanya Memiiki Satu Bandara Internasional, Bandara Paro 

Bandara di Bhutan dikenal sebagai bandara dengan tingkat kesulitan tertinggi karena landasannya terletak di lembah dan dikelilingi bukit. Akses yang sulit inilah, maka hanya pilot yang memiliki lisensi khusus yang dapat lepas landas di Bandara Pero.

5. Penduduk Bhutan Wajib Mengenakan Pakaian Tradisional saat Bekerja

Kerajaan di Bhutan mewajibkan para penduduknya untuk mengenakan pakaian tradisional sehari-hari saat bekerja. Hal ini dilakukan untuk menjaga identitas budaya khas Bhutan.

Bagaimana, tertarik berkunjung ke Bhutan agar Anda makin bahagia? (*)

Pewarta : Reginacaeli Agnia Ockinanti (MG-400)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.