Gaya Hidup

Kenali Gejala Depresi Penyebab Aksi Bunuh Diri di Jembatan Suhat Malang

Minggu, 28 Mei 2023 - 15:12
Kenali Gejala Depresi Penyebab Aksi Bunuh Diri di Jembatan Suhat Malang Ilustrasi bunuh diri. (Foto: Pixabay)

TIMES JATIM, MALANG – Baru-baru ini masyarakat Kota Malang dihebohkan dengan adanya aksi bunuh diri berujung tewas yang terjadi di Jembatan Suhat (Soekarno Hatta) Kota Malang. Aksi bunuh diri tersebut ternyata diduga kuat disebabkan faktor depresi.

Psikolog Universitas Islam Negeri (UIN) Malang, Fuji Astuti mengatakan, orang yang melakukan aksi bunuh diri biasanya telah melewati banyak proses untuk bisa bertahan hidup.

Kemudian, puncak yang mendorong orang tersebut melakukan aksi bunuh diri ketika ia sudah merasa beban hidupnya tak lagi bisa ditanggung dan diluar kemampuannya.

Depresi sendiri menunjukkan sejumlah gejala tertentu. Gejala tersebut, kata Fuji, sangat perlu dikenali agar bisa tertangani dengan baik.

"Mulai menarik diri dari lingkungan, merasa hidupnya hampa hingga merasa tidak ada orang yang memperhatikannya," ujar Fuji, Minggu (28/5/2023).

Menurutnya, orang-orang seperti itu memerlukan pendampingan dan konseling dari profesional untuk memperkuat mentalnya.

Ia juga memberikan saran agar orang-orang yang depresi tersebut bisa bangkit dengan melakukan kesibukan yang positif.

"Kalau sudah merasa hampa, gak enak, bawaannya gini banget hidup, itu bisa mencoba merubah pola aktifitas. Misal, mengatur kamar agar lebih menyenangkan, berolahraga atau menyalurkan hobinya," ungkapnya.

Kegiatan-kegiatan tersebut tentu mampu meminimalisir perasaan depresi. "Jangan lupa juga tetap terhubung dengan orang lain baik di media sosial maupun secara langsung dengan orang yang dikenal dan bisa menguatkan," sambungnya.

Sementara itu, Fuji juga memberikan saran agar keluarga, kerabat, pasangan ataupun teman dengan orang yang mengalami gejala depresi tersebut bisa memberikan empati, semangat dan tentu tidak menghakimi orang tersebut.

Sebab, menurut Fuji bahwa hal hal aneh yang dilakukan orang depresi bisa jadi hanya ingin menunjukkan bahwa dia ingin diperhatikan.

"Cobalah cari akar masalahnya dan jadi tempat ternyaman dengan tidak mengungkit permasalahan orang yang depresi tersebut," jelasnya.

Ia juga menegaskan bahwa kesehatan mental sangat penting dan sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Namun, keduanya memerlukan penanganan yang berbeda, karena sama sama memiliki potensi kematian.

"Oleh karena itu, mari peduli dengan kesehatan mental kita. Setidaknya, jika belum bisa membantu, jangan mendeskreditkan orang yang mengalami masalah dalam kejiwaan," kata Fuji menjelaskan hal yang mungkin dialami pelaku bunuh diri di Jembatan Suhat Kota Malang. (*)

Pewarta : Rizky Kurniawan Pratama
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.