https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Polbangtan Malang Raih Juara 1 LKTI Nasional Pendikar 2023

Senin, 29 Mei 2023 - 19:14
Polbangtan Malang Raih Juara 1 LKTI Nasional Pendikar 2023 Kampus 1 Polbangtan Malang. (Foto: Polbangtan Malang for TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Prestasi membanggakan ditorehkan tim mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian Malang (Polbangtan Malang). Mereka berhasil meraih gelar juara pertama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Nasional dalam ajang Pendidikan karya (Pendikar) 2023 berkat inovasi teknologi pertanian modern.

Hal itu sejalan dengan harapan dan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang mengajak para petani muda untuk menerapkan teknologi smart farming dalam pengembangan budi daya pertanian. Menurutnya, pertanian berbasis teknologi akan mempermudah proses budi daya karena lebih efisien dan modern sehingga mendorong akselerasi produksi petani.

"Smart farming adalah satu lompatan yang kita coba lakukan untuk tidak membiarkan pertanian berjalan apa adanya sama dengan yang kemarin. Tidak berarti yang kemarin jelek tetapi harus ada loncatan," kata Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi juga menegaskan bahwa pertanian harus didukung generasi milenial sebagai tumpuan masa depan pertanian nasional. Menurut Dedi, minat generasi milenial pada sektor pertanian harus tumbuh secara cepat karena saat ini sudah menggunakan teknologi dan mekanisasi berbasis 4.0, dimana pertanian Indonesia sudah jauh lebih maju. Terlebih semuanya diolah secara modern serta menggunakan digitalisasi.

“Inovasi 4.0. ini ranahnya generasi milenial yang sangat terbuka dengan teknologi modern. Untuk itu kita lakukan pendampingan dengan cara meningkatkan ilmu pengetahuan mereka dari hulu hingga hilir,” kata Dedi.

Oleh karena itu, kata Dedi, melalui inovasi dari generasi milenial, produktivitas pertanian dapat meningkatkan secara signifikan sehingga pertanian bisa mandiri, berdaya saing, menjanjikan, bahkan bisa ekspor dan dengan sendirinya dapat mengurangi impor.

Pendikar merupakan ajang yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bandung (IPB) Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan sedikitnya 43 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia berpartisipasi dalam kompetisi tersebut.

Diharapkan melalui LKTI ini dapat memberikan nilai edukasi dan estetika serta dapat membangun jiwa yang kompetitif dikalangan mahasiswa.

Tim yang dinamai Al-Waajid Polbangtan Malang dan diketuai Oscar Fajar Hadi itu beranggotakan Herna Dhea T.P, Andine Santika Bentari, Adistiya Salsabila Riadi, telah berhasil mengungguli pesaing-pesaing mereka. 

Pada kompetisi ini tim tersebut mengangkat judul yaitu “Auter (Automatic Watering) Sebagai Inovasi Teknologi Pertanian Modern”. Menurut tim, ide tersebut dilatarbelakangi karena usaha pertanian yang dikenal kotor, ribet dan membutuhkan banyak tenaga terutama bagi kaum milenial.

Oscar berharap, hadirnya alat ini diharapkan dapat membangkitkan minat petani muda dengan mulai terjun kedalam usaha pertanian modern yang hemat tenaga dan ramah lingkungan.

“Para petani juga dapat mulai beralih menggunakan alat ini yang lebih efisien waktu, tenaga dan biaya sehingga diharapkan dapat menekan biaya produksi dan menghadirkan keuntungan yang lebih besar” ungkapnya. (*)

Pewarta : Rochmat Shobirin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.