TIMES JATIM, MALANG – Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB) menyelenggarakan Entrepreneurship Day 2024 pada Sabtu (30/11/2024), dengan seminar sebagai inti dari rangkaian acara. Dua pembicara ahli hadir untuk memberikan wawasan mendalam tentang branding produk dan potensi pasar kosmetik alami.
Materi pertama, bertajuk Branding Your Product disampaikan oleh Apt. Idha Ayu Phramesti Khrisna dari Madevine Haircare. Dalam sesinya, Idha menjelaskan pentingnya membangun brand yang kuat dengan mengintegrasikan lima elemen utama bisnis: pemasaran dan penjualan, keuangan, operasional, penelitian dan pengembangan produk (R&D), serta sumber daya manusia.
Ia menekankan pentingnya strategi terpadu untuk menciptakan produk yang relevan di pasar sekaligus membangun brand yang bermakna bagi konsumen.
Sementara itu, tema Menggali Potensi Pasar Kosmetik Alami dan Organik dibawakan oleh Hira Listya Pinastika, S.T., seorang skin care scientist dari Paragon Technology and Innovation.
apt. Idha Ayu Phramesti Khrisna Dhevi, S.Farm., dari Madevine Haircare, menyampaikan materi inspiratif dalam rangkaian acara Entrepreneurship Day 2024. (FOTO: Rizka Mega Fadiame/TIMES Indonesia)
Hira memaparkan peluang besar dalam pasar kosmetik berkelanjutan (sustainable) dan ramah lingkungan (eco-friendly), baik di tingkat domestik maupun global. Ia mengajak peserta untuk melihat tren konsumen yang semakin peduli terhadap produk alami dan dampaknya terhadap lingkungan.
Selain seminar, acara ini juga menampilkan pameran booth yang meriah. Produk-produk inovasi mahasiswa, terutama di bidang kosmetik dan aromaterapi, dipamerkan sekaligus dilombakan dalam dua kategori: Booth Terfavorit dan Pitch Deck. Kemeriahan semakin terasa saat pemenang lomba diumumkan di akhir acara.
Kelompok Lipsy meraih juara pada kategori Booth Kosmetologi Terfavorit, sedangkan Phytolux memenangkan Booth Aromaterapi Terfavorit.
Pada kategori Produk Teknologi Farmasi Sediaan Solid Terfavorit, penghargaan diberikan kepada Kelompok 6B dengan produk Tablet CTM. Untuk Produk Teknologi Farmasi Sediaan Steril, pemenang kategori (A) adalah Kelompok 5A dengan produk Tetes Mata Tobramisin, dan kategori (B) dimenangkan oleh Kelompok 6B dengan produk Injeksi Asam Traneksamat. Sementara itu, kelompok BerryShine berhasil meraih penghargaan utama pada kompetisi Pitch Deck Entrepreneurship Day 2024.
Sebagai pelengkap, open house juga diselenggarakan untuk masyarakat umum, menyajikan kegiatan menarik seperti expo, mini praktikum, dan permainan interaktif. Pengunjung dapat mencoba pengalaman edukatif seperti pembuatan obat puyer dan pengamatan mikroskop tanpa biaya.
Sementara itu, Wakil Dekan II FKUB, Dr. Khusnul Khotimah, S.Si., M.Kes., menyampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk apresiasi bagi kreativitas mahasiswa Farmasi, sekaligus wadah untuk mendorong mereka mengembangkan produk hingga memiliki prospek pasar.
Hira Listya Pinastika, S.T., dari Paragon Technology and Innovation, membahas inovasi di dunia skincare pada Entrepreneurship Day 2024. (FOTO: Rizka Mega Fadiame/TIMES Indonesia)
“Ini adalah event tahunan yang tujuannya untuk memberikan apresiasi untuk mahasiswa farmasi khususnya pada mata kuliah Kosmetologi dan Aromaterapi, sehingga mahasiswa tidak hanya merancang saat di kelas maupun di laboratorium, tetapi sampai memiliki prospek untuk dipasarkan,” ujarnya.
Dr Khusnul menekamkan,.Entrepreneurship Day 2024 bukan hanya ajang kompetisi, tetapi juga platform pembelajaran dan apresiasi atas kreativitas mahasiswa. Acara ini diharapkan mampu mendorong semangat inovasi di bidang farmasi, sekaligus mempersiapkan mahasiswa untuk berkontribusi dalam dunia industri. (*)
Pewarta | : Rizka Mega Fadia (MG) |
Editor | : Wahyu Nurdiyanto |