Pendidikan

Expo Budaya Fakultas Humaniora Ajarkan Praktik Bahasa Sekaligus Berbisnis Pada Mahasiswa

Kamis, 25 Mei 2023 - 16:31
Expo Budaya Fakultas Humaniora Ajarkan Praktik Bahasa Sekaligus Berbisnis Pada Mahasiswa Peserta lomba expo budaya Humaniora Academic Expo 2023 yang sedang mempresentasikan stand bazar kepada dosen juri, Kamis(25/5/2023). (FOTO: Ullil Amri/ TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG – Lomba Budaya di Humaniora Academic Expo 2023 yang digelar oleh Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang) mampu menarik perhatian warga kampus.

Acara tahunan yang digelar di gedung Fakultas Humaniora dari tanggal 23-26 Mei 2023 mengharuskan masing-masing kelompok membuat stand bazar yang diisi oleh berbagai macam makanan khas nusantara ataupun luar negeri. Selanjutnya, setiap kelompok akan mempresentasikan terkait makanan khas mereka menggunakan Bahasa Arab maupun Bahasa Inggris. Selain itu, makanan yang mereka hadirkan juga bisa dijual dan dipromosikan kepada para dosen ataupun teman sesama mahasiswanya. 

Sesuai dari jurusan yang ditempuh, maka kelompok dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab akan mempromosikan dagangan mereka menggunakan Bahasa Arab. Begitupun dari kelompok jurusan Sastra Inggris. 

Stand bazar terlihat cantik karena dihias oleh para peserta. Anggota kelompok juga memakai atribut pendukung daerah yang mereka lombakan. Dosen juri kemudian mendatangi masing-masing kelompok untuk diajak komunikasi sambil memberi penilaian terkait yang ditampilkan peserta. Mahasiswa di masing-masing kelompok pun sudah siap menjawab pertanyaan-pertanyaan dosen sambil mempresentasikan makanannya dan juga mempromosikan agar laris terjual. 

“Bahasa yang dipakai saat presentasi adalah bahasa Arab atau Inggris. Dari sini salah satu pembelajaran bahasa yaitu kalam atau speaking dapat dipraktikkan. Jadi bukan hanya pembelajaran di kelas saja, tetapi memberi kesempatan untuk para mahasiswa mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari di kelas dan diaplikasikan dalam kegiatan ini,” terang Anwar Mas’adi selaku ketua Unit Pembelajaran Mahasiswa(UPM), ketua pelaksana acara. 

Panitia ingin para peserta dapat mendapatkan banyak pelajaran dari acara ini. Salah satunya dari lomba budaya ini, para mahasiswa dapat belajar mengembangkan bahasa mereka dalam aspek speaking/ kalam. Selain itu, mereka juga dapat belajar bisnis dan marketing dari makanan yang mereka jual dari promosi yang mereka lakukan di kampus. 

Anwar berharap Humaniora Academic Expo ini dapat didukung penuh dari seluruh civitas kampus UIN Maliki Malang, mulai dari para dosen hingga mahasiswanya. (*) 

Pewarta : Ullil Amri Prawirohardjo (MBKM)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.