https://jatim.times.co.id/
Pendidikan

Ratusan Karya Mahasiswa Vokasi UB Dipamerkan dalam BIDEA 2024

Jumat, 19 Juli 2024 - 15:23
Ratusan Karya Mahasiswa Vokasi UB Dipamerkan dalam BIDEA 2024 Gelaran BIDEA 2024 yang digelar oleh Fakultas Vokasi UB di MCC lantai 7 Kota Malang, Jumat - Minggu (19-21/7/2024). (FOTO: Achmad Fikyansyah/TIMES Indonesia)

TIMES JATIM, MALANG –  Ratusan karya menarik buatan mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya (UB) tertata rapi di Gedung Malang Creative Center (MCC) lantai 7, Jumat (19/7/2024). Karya-karya tersebut dipamerkan dalam Brawijaya International Design Exhibition (BIDEA) 2024.

Sebuah pameran tingkat internasional yang digelar oleh Fakultas Vokasi UB bekerjasama dengan Tokyo University of Technology, Jepang. Event ini bakal dihelat selama tiga hari, sampai Minggu (21/7/2024).

Gelaran-BIDEA-2024-2.jpg

Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UB, Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., M.Si, Ak saat membuka event internasional itu mengatakan, BIDEA 2024 ini merupakan kegiatan yang yang sangat monumental bagi pengembangan program studi Desain Grafis UB.

"Ini satu momentum yang harus dimanfaatkan dengan sangat baik untuk mengenalkan sekaligus menguatkan tradisi berkreasi dan berinovasi di Fakultas Vokasi dan juga di Universitas Brawijaya," ucapnya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Dekan Vokasi itu menuturkan, selama ini, karya dari Sivitas Vokasi UB masih banyak yang belum terekspos dan diketahui masyarakat luas. Padahal, karya buatan mahasiswa dan dosen Vokasi atau UB pada umumnya ini sangat luar biasa.

"Karya-karya yang sangat baik, hal-hal yang baik yang ada di Vokasi dan Universitas Brawijaya ini harus kita tunjukkan dan kita ekspos secara luas. Yang itu kemudian harapannya dapat termanfaatkan untuk kemaslahatan masyarakat tidak hanya di Indonesia, tapi dunia," harapnya.

Dalam pameran ini, sebagian besar karya mengambil tema budaya yang dibalut dengan teknologi masa kini. Sehingga lukisan hingga poster yang ditampilkan imi bisa dinikmati secara lebih luas oleh berbagai kalangan.

"Saya berharap karya seperti ini tervisualisasi sebagaimana karya produk cimema yang sering kali kita lihat di televisi yang banyak dari jepang, korea, dan sebagainya. Berbasis budaya lokal, kita kota kemas sedemikian rupa, sehinggga layak kita sandingkan dengan karya internasional," pungkas Prof Unti.

\Di tempat yang sama, Ketua Prodi Desain Grafis UB, Mohammad Arief Nazaruddin S.Sn., M.Ds. mengatakan, pameran ini adalah output dari salah satu mata kuliah di semester 6 Prodi Desain Grafis Vokasi UB. "Ini adalah event yang terlahir dari kegiatan di luar kampus," ucapnya.

Arief menerangkan, ratusan karya yang dipamerkan dalam BIDEA 2024 ini meliputi poster,  mapping, lukisan, board game, hingga furniture buatan mahasiswa dan dosen. "Karya ini ada beberapa yang kami jual, seperti furniture, lukisan. Kalau untuk poster ini sebenarnya untuk rekognisi kita, jika nanti para mahasiswa butuh portofolio atau publikasi karya, ini bisa mereka jadikan sebagai bentuk wadah," terangnya.

Dia menyebut, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat lebih memacu mahsiswa untuk menciptakan sebuah maha karya serta prestasi, yang pada saatnya akan bermanfaat bagi dirinya dan juga banyak orang.

"Telah banyak prestasi mahasiswa Prodi Desain Grafis baik di bidang akademik maupun non akademik. Saat ini juga banyak mahasiswa kami yang ikut Olimpiade Vokasi Indonesia (Olivia) di Universitas Hasanuddin. Bahkan ada yang sudah berhasil membuat start up," pungkasnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan Talkshow yang menghadirkan praktisi dan pakar di bidang desain, memberikan kesempatan bagi peserta untuk belajar dan berdiskusi tentang tren dan perkembangan terbaru di dunia desain.

Dengan berbagai karya yang dipamerkan, BIDEA 2024 diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus berkarya dan berinovasi, serta menjadikan Fakultas Vokasi Universitas Brawijaya sebagai salah satu pusat unggulan dalam pendidikan vokasi di Indonesia. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.