Pendidikan

Kukuhkan Empat Guru Besar Baru, UB Kini Punya 195 Profesor Aktif

Kamis, 07 Desember 2023 - 15:16
Kukuhkan Empat Guru Besar Baru, Kini UB Punya 195 Profesor Aktif Acara pengukuhan 4 orang guru besar baru yang dilakukan oleh UB, Kamis (7/12/2023). (Foto: Humas UB)

TIMES JATIM, MALANGUniversitas Brawijaya (UB) kembali mengukuhkan guru besar baru pada Kamis (7/12/2023) di Gedung Samantha Krida. Kali ini empat orang profesor yang dikukuhkan, yang berasal dari berbagai bidang keilmuan.

Keempat profesor tersebut yakni Prof. Dr. Ir. Anik Martinah Hariati, M.Sc. Dia dikukuhkan sebagai profesor aktif ke-20 di Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPIK) dan profesor aktif ke-192 di Universitas Brawijaya. Anik menjadi profesor ke-351 yang telah dihasilkan oleh Universitas Brawijaya.

Dalam pengukuhannya sebagai guru besar bidang nutrisi dan pakan ikan, Prof Anik membacakan penelitiannya yang berjudul “Teknologi Sinbiotik Berbasis Spora Dalam Mengatasi Limbah Pakan pada Sistem Budidaya Ikan Intensif”. Dia menyoroti, penyebab utama gagalnya industri budidaya udang pada awal tahun 1990-an adalah akumulasi bahan organik sisa pakan yang memicu meningkatnya ammonia nitrogen.

"Untuk mengatasi masalah tersebut teknologi sinbiotik berbasis spora, merupakan model teknologi yang diawali dari isolasi bakteri AOB (Ammonia Oxidizing Bacteria): Nitrosomonas, dengan NOB (Nitrite Oxidizing Bacteria), Nitrobacter, dan Nitrospira, bersama Bacillus dan Lactobacillus," ucapnya.

Guru Besar kedua yang dikukuhkan yakni Prof. Dr.Eng. Donny Harisuseno, S.T., M.T. sebagai profesor aktif ke-23 di Fakultas Teknik (FT) dan Profesor aktif ke-193 di UB. Profesor ke-352 yang dihasilkan UB itu dalam orasi ilmiahnya menerangkan tentang “System Hybrid-g2i (Green-gray Infrastructure): Sebuah Pengelolaan Limpasan Air Hujan Berbasis Konservasi Air".

Dia menjelaskan, keunggulan dari sistem ini terletak pada ketangguhan dan fleksibilitas yang tinggi dalam menangani lintasan permukaan air hujan sekaligus mendukung konservasi air sistem ini juga mampu menjamin upaya konservasi air tanah dan permukaan baik dari aspek kuantitas dan kualitas air. "Sehingga mampu mendukung terwujudnya ketahanan air perkotaan tangguh dan adaptif terhadap perubahan iklim," kata dia.

Selanjutnya ada Prof. Dr. Femiana Gapsari Madhi Fitri, S.T., M.T. sebagai profesor aktif ke-24 di Fakultas Teknik (FT) dan Profesor aktif ke-194 di UB. Di menjadi Profesor ke-353 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan oleh UB. Dalam orasi ilmiahnya dia membawakan penelitianya yang berjudul  “Teknologi Nano Komposit Dari Limbah Organik (Tko) Sebagai Inhibitor Korosi Logam”.

Dan terakhir ada Prof. Dr. Slamet Wahyudi, S.T., M.T. sebagai profesor aktif ke-25 di Fakultas Teknik (FT) dan Profesor aktif ke-195 di UB, serta menjadi profesor ke-354 dari seluruh profesor yang telah dihasilkan oleh UB.

Pada hari pengukuhan, Prof Slamet menerangkan penelitiannya tentang “Teknologi Microwave Ablation (Tma) Sebagai Pembangkit Biopanas Terhadap Pembunuhan Sel Kanker”.

Dia menjelaskan, kanker merupakan salah satu penyakit berbahaya, serius dan melemahkan serta berhubungan dengan disabilitas beberapa fungsi neurologis, gangguan perilaku psikopatologis dan emosional yang memerlukan rehabilitasi berkelanjutan Salah satu metode metode yang digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan terapi hipertermia yaitu Teknologi Microwave Ablation (TMA).

Teknologi ini sebagai pembangkit biopanas yang memungkinkan ablasi jaringan agar lebih mudah diprediksi dan mampu menghasilkan volume ablasi lebih besar dalam jangka waktu yang lebih singkat. "Serta memberikan intensitas energi lebih rendah "sehingga kerusakan jaringan dapat dikendalikan," ujarnya. (*)

Pewarta : Achmad Fikyansyah
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.