Olahraga

Kabupaten Kediri Tahun Depan Punya Stadion Baru Berkapasitas 30 Ribu

Jumat, 05 Agustus 2022 - 20:03
Kabupaten Kediri Tahun Depan Punya Stadion Baru Berkapasitas 30 Ribu Stadion Canda Bhirawa yang terletak di Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri (foto :Yobby/Times Indonesia)

TIMES JATIM, KEDIRI – Kabupaten Kediri akan segera memiliki stadion baru. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana mengungkapkan pembangunan stadion baru ini akan dilakukan pada tahun 2023 dengan masa pengerjaan kurang lebih 9 bulan.  

"Diselesaikan akhir tahun, lokasinya di barat sungai. Kita tengah desain master plan-nya. Nanti biarkan tim yang membuat desain atau yang tahu betul bagaimana layaknya stadion yang mengerjakan," tukas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, Kamis, (05/08/2022).

Pemilihan barat sungai Brantas sebagai lokasi sendiri bukan tanpa alasan. Bupati muda itu menambahkan nantinya lahan yang akan digunakan untuk pembangunan stadion adalah lahan milik pemerintah kabupaten Kediri sehingga tidak perlu lagi ada pembebasan lahan.

"Tidak perlu mencari tempat lagi, kita mencari lahan yang memang sudah ada. (diperlukan) 10 hektar. Untuk kapasitas penonton kita targetkan 30 ribu," tambah Bupati Kediri lagi.

Dengan kapasitas tersebut, calon stadion baru Kabupaten Kediri bakal setara dengan Stadion Gajayana Malang, Stadion Kaharudin Nasution Rumbai Pekanbaru, Stadion Mandala Jayapura, Stadion Pakansari Bogor dan Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi. Dari segi kapasitas, calon stadion baru itu juga lebih banyak dari Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Stadion Manahan, serta Stadion Brawijaya Kota Kediri. 

Saat ini Kabupaten Kediri memiliki satu stadion yakni Stadion Canda Bhirawa yang terletak di Kecamatan Pare dan atau di wilayah timur Sungai Brantas. Stadion yang juga jadi kandang Persedikab Kediri itu, tahun lalu baru saja diremajakan setelah hampir 20 tahun, dengan penambahan lampu di empat titik stadion serta perbaikan rumput. 

Penambahan lampu tersebut, dilakukan untuk kegunaan jangka panjang. ”Jika hanya digunakan gunakan lima tahun, memang mahal. Tapi jika 30 sampai 40 tahun, saya rasa itu masih masuk akal. Dan ini demi sepak bola juga, ” tutur Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ketika itu.

Meski berkandang di Stadion Canda Bhirawa, ketika menjadi tuan rumah putaran grup A Liga 3 musim lalu, Persedikab sendiri meminjam Stadion Brawijaya, yang berjarak sekitar kurang lebih 25 km dari stadion Canda Bhirawa. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra (MG-411)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Jatim just now

Welcome to TIMES Jatim

TIMES Jatim is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.